Forgot Password Register

Brasil Jadi Negara Latin Pertama Larang Penerbangan Boeing 737 Max 8

Brasil Jadi Negara Latin Pertama Larang Penerbangan Boeing 737 Max 8 Bendera Brasil. (Foto: Reuters/Henry Romero)

Pantau.com - Brasil menjadi negara Amerika Latin pertama yang menghentikan penerbangan pesawat Boeing 737 Max setelah ada permintaan dari ketua jaksa federal negara tersebut.

Regulator di Argentina dan Meksiko tidak menangguhkan penerbangan pesawat jenis tersebut, namun maskapai Aeromexico dan Aerolineas Argentinas secara sukarela memutuskan untuk tidak menerbangkan Boeing.

Baca juga: Selain Boeing 737 Max 8, Trump Juga Larang Pengoperasian Max 9

Kantor Berita Negara Argentina, Telam, pada Selasa melaporkan bahwa regulator Amerika Selatan sedang membahas kemungkinan penangguhan penerbangan, namun pihaknya juga mengatakan tidak ada keputusan "mendesak".

Presiden AS Donald Trump mengatakan, pihaknya akan memerintahkan pelarangan seluruh pesawat Boeing 737 Max 8. Tak hanya itu, Max 9 pun menjadi korban akibat kecelakaan Ethiopian Airlines yang jatuh di Kenya.

Baca juga: Kanada Akhirnya Cekal Boeing 737 Max 8 Berbekal Data Baru

Keputusan tersebut diambil setelah banyaknya tekanan dari anggota parlemen AS untuk segera memberikan aturan untuk melarang pesawat yang diklaim hemat bahan bakar itu.

"Kami akan mengeluarkan perintah darurat untuk melarang operasi seluruh penerbangan 737 Max 8 dan 737 Max 9 dan pesawat-pesawat yang sejenis dengan itu," kata Trump kepada awak media di Gedung Putih.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More