Forgot Password Register

Selain Boeing 737 Max 8, Trump Juga Larang Pengoperasian Max 9

Selain Boeing 737 Max 8, Trump Juga Larang Pengoperasian Max 9 Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan, pihaknya akan memerintahkan pelarangan seluruh pesawat Boeing 737 Max 8. Tak hanya itu, Max 9 pun menjadi korban akibat kecelakaan Ethiopian Airlines yang jatuh di Kenya.

Keputusan tersebut diambil setelah banyaknya tekanan dari anggota parlemen AS untuk segera memberikan aturan untuk melarang pesawat yang diklaim hemat bahan bakar itu.

"Kami akan mengeluarkan perintah darurat untuk melarang operasi seluruh penerbangan 737 Max 8 dan 737 Max 9 dan pesawat-pesawat yang sejenis dengan itu," kata Trump kepada awak media di Gedung Putih.

Baca juga: Tolak Berikan ke AS, Ethiopian Airlines Selidiki Black Box di Perancis

Amerika saat ini tercatat memiliki 25 pesawat jenis 737 Max, mengatakan akan berusaha mendata kembali pelanggan tetap untuk operasi penerbangan jangka panjang.

Boeing mengatakan pihaknya mendukung aksi untuk menghentikan sementara operasi pesawat jenis 737 Max setelah berkonsultasi dengan FAA, dan NTSB.

"FAA siap untuk membuat pengumuman yang sangat singkat mengenai informasi baru dan bukti fisik yang kami terima dari situs tersebut dan lokasi lainnya, serta melalui beberapa keluhan," pungkas Trump.

Baca juga: Kanada Akhirnya Cekal Boeing 737 Max 8 Berbekal Data Baru

Share :
Komentar :

Terkait

Read More