Forgot Password Register

Cara Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Gunakan 'Cotton Bud'

Cara Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Gunakan 'Cotton Bud' Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita pasti sudah sering mendengar jika membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud memiliki risiko berbahaya. Namun rasa gatal akibat kotoran yang menumpuk pada telinga sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak nyaman.

Dilansir dari Men's journal, para peneliti di University of Pittsburgh Medical Center menemukan bahwa membersihkan telinga terlalu sering dapat menyebabkan kekeringan dan gatal di daerah tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara aman untuk membersihkan kotoron telinga tanpa harus menggunakan cotton bud.

1. Cuci kain lap lembut dengan air hangat. Bersihkan bagian luar telinga dengan lembut. Tepuk hingga kering dengan handuk.

2. Gunakan obat tetes mata atau atau minyak bayi. Ini berfungsi sebagai pelumasan dan membantu melonggarkan atau melunakkan gumpalan kotoran di telinga.

3. Miringkan kepala hingga telinga menghadap langit-langit. Sambil menjatuhkan pipet tepat di lubang telinga, tekan empat atau lima tetes ke telinga. 

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Popcorn Ternyata Camilan yang Menyehatkan

4. Perlahan tekan kartilago segitiga di bagian luar saluran telinga dan perlahan-lahan lakukan pijatan kecil. Gerakan ini akan membantu memastikan bahwa tetesan tersebut bersentuhan dengan semua permukaan di dalam telinga. Kembalikan kepala ke posisi netral dan biarkan larutan itu berada di telinga selama 10 menit.

5. Isi kembali pipet dengan air hangat, lalu perlahan-lahan masukkan cairan ke telinga. Ini akan mengeluarkan kotoran yang menggumpal. Miringkan kepala ke sisi yang berlawanan untuk mengalirkan kotoran. Ulangi di telinga yang lain.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Air Dingin Bisa Sebabkan Perut Buncit?

6. Tidak perlu menggunakan produk OTC atau sesi ear candling. Sebagian besar telinga secara alami larut dan membuang kotoran saat terbentuk, sehingga kemungkinan telinga akan baik-baik saja. Namun, jika masih merasakan telinga tersumbat atau mengalami kesulitan mendengar setelah membersihkannya, segera hubungi dokter.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More