Forgot Password Register

China Akan Buat Hujan Buatan Menggunakan Satelit

China Akan Buat Hujan Buatan Menggunakan Satelit Ilustrasi satelit. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ilmuan China telah merencanakan sebuah proyek mengubah cuaca dengan menggunakan satelit untuk memindahkan awan hujan.

Melansir Daily Mirror, Kamis (8/11/2018), sebuah proyek ambisius diharapkan akan beroperasi dalam kurun waktu empat tahun. Proyek tersebut akan memindahkan awan hujan yang dapat bergeser dari wilayah yang lembab di bagian barat lalu ke tempat yang kering di bagian timur China.

Menurut media di China, enam satelit akan menciptakan koridor atmosfer yang dapat menggerakan awan hujan.

Proyek besar itu dinamakan Tianhe, yang memiliki arti sungai di langit.

Sebuah laporan dari Yicai Global mengatakan, Akademi Shanghai Spaceflight berharap operasi tersebut bisa dijalankan pada 2022 mendatang, meski begitu, dua satelit dijadwalkan akan diluncurkan ke ruang angkasa dalam dua tahun lebih awal.

Baca juga: Wow, China Berlakukan Sistem Pengawasan Berbasis Pengenalan Gaya Berjalan

Tianhe 1 akan mampu mendeteksi kadar air di udara dan akan memindahkan air tersebut ke daerah utara Sanjiangyuan di Provinsi Qinghai.

Media pemerintah China mengatakan, tetesan air kecil akan diangkut lebih dari ribuan kilometer. Uap air akan bergerak ke arah tertentu, seuai dengan kondisi tekanan dan curah hujan dalam daerah tersebut.

Rencananya, air akan dipindahkan di atas Samudera Hindia bagian barat, bagian timur, Yunnan Guizhou, dan sebagian wilayah di Asia Tengah.

Model Tianhe tersebut telah dipublikasi di Zhuhai Airshow, acara yang menampilkan industri penerbangan negara adidaya. 

Proyek ini dipimpin oleh ilmuan Wang Guangqian dari Chinese Academy of Sciencies. Para ilmuan yakin mereka akan berhasil menciptakan Sky River atau Tianhe.

Baca juga: China Keluarkan Larangan Membawa Anjing Peliharaan saat Jalan-jalan, Ini Penyebabnya

Share :
Komentar :

Terkait

Read More