Pantau Flash
Produsen Korsel Sudah Incar Lokasi Untuk Pabrik Mobil Listrik di Karawang
The Daddies Melenggang ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka
Polri Klaim Situasi Papua Barat Kondusif
Kapolda: Kamtibmas Papua Sudah Kondusif dan Aman

Data E-commmerce Paling Disukai, Kalian Mungkin Langganan

Headline
Data E-commmerce Paling Disukai, Kalian Mungkin Langganan Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Tren Perdagangan Elektronik atau Electronic Commerce (E-Commerce) bersaing ketat. Brand-brand baru bermunculan namun tentu hanya beberapa brand yang berhasil merebut hati konsumen. 

Perusahaan konsultan marketing, MarkPlus, Inc. melakukan riset brand e-commerce mana saja yang berhasil menarik perhatian konsumen, serta menjadi pilihan mereka dalam berbelanja online.

Dari hasil riset tersebut setidaknya 3 brand merajai menjadi top of mind di benak masyarakat. Shopee menjadi terdepan dengan 31 persen, disusul Lazada 20,3 persen dan Tokopedia 17.9 persen.

"Artinya ketiga brand ini adalah yang awareness-nya tertinggi dibanding pemain e-commerce lain," ujar Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Inc. Irfan Setiawan dalam acara MarkPlus Center for Technology & Creativity: E-Commerce Zaman NOW! di Philip Kotler Theater, EightyEigthKasablanka, Jakarta, pada Kamis (7/11/2018).

Baca juga: Dear Mahasiswa... Cita-cita Pekerjaan Anda Pengaruhi Daya Saing Bangsa

Jika dibagi oleh wilayah, terutama untuk responden di enam kota besar, Shopee juga mendominasi di beberapa wilayah yakni, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar adalah kota di mana Shopee menjadi top of mind. Sementara Tokopedia menjadi top of mind di Jakarta dan Lazada di Medan.

"Namun, uniknya walaupun responden di Jakarta paling mengingat Tokopedia dalam benak mereka, responden paling sering melakukan pembelian pada Shopee," ungkapnya.

Dari data e-commmerce yang paling sering diakses responden untuk pembelian juga Shopee merajai yakni di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Makassar, sementara Lazada di Medan. 

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika
Category
Ekonomi

Berita Terkait: