Forgot Password Register

Headlines

Data Impor Beras Berbuntut Panjang, Jokowi Diminta Turun Tangan

Data Impor Beras Berbuntut Panjang, Jokowi Diminta Turun Tangan pedagang di pasar tradisional (Foto: Antara)

Pantau.com - Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menyarankan Presiden Joko Widodo untuk memanggil Menko Perekonomian, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, dan Dirut Bulog untuk memverifikasi data beras nasional saat ini terkait polemik beras.

Agus mengatakan, Menko Perekonomian Darmin Nasution seharusnya memanggil Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, dan Dirut Bulog untuk memverifikasi data beras nasional saat ini.

"Yang punya tupoksi impor atau ekspor itu Menteri Perdagangan. Dia bisa impor untuk komoditas khususnya, ketika ada rekomendasi dari kementerian teknis, Menteri Pertanian. Karena itu kan urusannya ke pertanian. Jadi Menteri Perdagangan tidak akan mengimpor komoditas yang diperlukan tanpa rekomendasi Menteri Pertanian," kata Agus.

Baca juga: Pastikan Data Beras, Buwas: Sampai Juni 2019, Tidak Perlu Impor

Dia melanjutkan, perlu dicari tahu kebenaran data yang dimiliki Kementerian Pertanian.

"Saya ngobrol dengan pengumpul data (pertanian) dari IPB (Institut Pertanian Bogor), data itu kalau ada puso (gagal panen), banjir, kerusakan sampai 50 persen, tidak boleh menaruh angka 50 persen. Jadi di sini saya menyimpulkan, bahwa di situ ada persoalan pada data pertanian kita," terang Agus.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, data proyeksi produksi beras yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian sering meleset. Karena itu, pemerintah melakukan impor.

Memanasnya kisruh impor beras antara Dirut Perum Bulog Budi Waseso dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membuat DPR mendorong diadakan rapat dengar pendapat gabungan. Diharapkan Mendag dan Dirut Bulog hadir dalam rapat yang segera diadakan itu.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More