Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

Densus 88 Tangkap Teroris yang Rencanakan Pengeboman pada Aksi 22 Mei

Densus 88 Tangkap Teroris yang Rencanakan Pengeboman pada Aksi 22 Mei Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap sedikitnya 29 terduga teroris selama kurun waktu bulan Mei 2019. Puluhan terduga teroris itu diketahui terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Densus 88 Antiteror melakukan penangkapan teruga teroris yang paling banyak pada bulan ini (Mei) sebanyak 29 tersangka," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Kemenkumham Hitung Kerugian Pasca Kerusuhan Lapas Narkotika Langkat

Dari 29 terduga teroris, sambung Iqbal, 18 di antaranya diketahui memiliki rencana melakukan aksi amaliyah pada 22 Mei mendatang atau tepatnya pada saat pengumuman hasil Pemilu.

Bahkan, para terduga teroris itu diketahui akan menjadikan kerumunan massa yang berencana turun sebagai target sasaran aksi mereka. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan belasan terduga teroris itu pasca ditangkap di beberapa wilayah.

"Keterlibatan tersangka kelompok JAD, yaitu menyembunyikan DPO JAD di Lampung, merencanakan aksi amaliyah, nah ini ya melaksanakan aksi amaliyah atau aksi teror dengan menyerang kerumunan massa pada tanggal 22 Mei mendatang dengan menggunakan bom," papar Iqbal.

Dari penangkapan belasan terduga teroris, Densus 88 berhasil mengamankan 5 buah bom rakitan di beberapa TKP serta 4 buah pistol dan 2 buah busur panah.

Baca juga: Buntut Kerusuhan, Kalapas Narkotika Langkat Dinonaktifkan

Lebih jauh, Iqbal menyebut bahwa tak hanya menangkap 29 terduga teroris, pada bulan-bulam sebelumnya Densus 88 Antiteror juga menangkap puluhan terduga teroris di beberapa lokasi.

Sehingga, tercatat dari hasil penangkapan dari bulan Januari hingga Mei sudah 68 terduga teroris yang berhasil dibekuk.

"Pada bulan Januari 4 tersangka, teman-teman Densus 88 melakukan penangkapan. Bulan Februari 1 tersangka, Bulan Maret 20 tersangka, bulan April 14 tersangka dan bulan ini yang paling banyak yaitu 29 tersangka" kata Iqbal.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: