Pantau Flash
Kabar Baik Nih, Wilayah Sumatera dan Kalimantan Bakal Diguyur Hujan!
Resmi! Timnas U-16 Indonesia Jadi Wakil Tunggal di Piala Asia U-16 2020
Total Sudah 9 Terduga Teroris Cilincing dan Tambun Diringkus Polisi
Rommy Bantah Bisa Intervensi Menteri Lukman Angkat Pejabat Kemenag
Malindo Air: Kebocoran Data Disebabkan Mantan Staf Perusahaan Kontraktor

KemenkumHAM Hitung Kerugian Pasca Kerusuhan Lapas Narkotika Langkat

KemenkumHAM Hitung Kerugian Pasca Kerusuhan Lapas Narkotika Langkat Prajurit TNI berjaga di depan Lapas Narkotika Kelas III Langkat (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)

Pantau.com - Kanwil Kemenkumham Sumut masih melakukan pendataan besaran kerugian dampak dari kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Simpang Ladang Hinai Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat SUmatera Utara, Kamis, 16 Mei 2019.

"Kerugian belum bisa diperhitungkan karena kita masih melakukan pendataan satu persatu," kata Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut Jahari Sitepu di Langkat, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Napi Narkoba di Sumut Bakar Lapas, Ratusan Tahanan Kabur

Ia mengatakan, dari hasil pendataan sementara yang dilakukan petugas diketahui sebanyak 13 sepeda motor dan 3 mobil terbakar, serta ruang kantor beserta isinya juga dan surat-menyurat yang ada didalamnya juga habis terbakar.

"Blok tidak ada yang rusak, dapur juga tidak rusak. Yang rusak ruang kantor beserta isinya dan kaca-kacanya semuanya pecah serta 13 sepeda motor beserta 3 mobil yang dibakar saat peristiwa kerusuhan terjadi," katanya.

Baca juga: Video Kerusuhan di Lapas Narkotika Kelas III Langkat, Ini Penyebabnya

Terkait keberadaan Kalapas Bahtiar Sitepu yang saat peristiwa kerusuhan tidak berada ditempat, ia mengatakan memang Kalapas sedang cuti selama 30 hari dan sekarang sedang di Betlehem melaksanakan ibadah.

"Dia sudah tahu peristiwa ini dan kami sudah minta dia segera kembali. Mungkin besok dia sudah sampai di sini," katanya.

Sebelumnya ia juga menyampaikan saat kerusuhan terjadi sedikitnya 154 warga binaan di lapas tersebut melarikan diri namun 103 diantaranya berhasil ditangkap kembali oleh pihak kepolisian yang melakukan pengejaran.

"Artinya masih ada 51 lagi warga binaan yang masih melarikan diri. Yang sudah tertangkap kembali sementara ini masih dititipkan di Rutan Tanjungpura dan Lapas Binjai," jelasnya.

Baca juga: Pasca Kerusuhan dan Pembakaran Lapas Langkat , 51 Napi Berstatus Buron

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Category
Nasional

Berita Terkait: