Pantau Flash
The Fed Turukan Suku Bunga, Rupiah Diprediksi Menguat
BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Wilayah Perairan Indonesia
PBNU Ikut Komentar Soal Kenaikan Cukai Rokok Berdampak ke Petani Tembakau
PKB Pastikan Beri Bantuan Hukum untuk Imam Nahrawi
Indonesia Hancurkan Kepulauan Mariana Utara 15-1

Dimulai dengan Iran, Ini Deretan Negara Paling Tertutup di Dunia

Dimulai dengan Iran, Ini Deretan Negara Paling Tertutup di Dunia Korea Utara. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berlibur ke luar negeri mungkin adalah harapan setiap orang. Apalagi, liburan itu dlakukan bersama keluarga dalam waktu yang lama. Kepenatan dan keletihan di dunia kerja bisa sedikit untuk dilupakan.

Namun, ada hal kecil yang harus diperhatikan jika ingin berpelisiran. Kamu harus yakini jika negara yang kamu tuju cukup terbuka dengan wisatawan mancanegara. Jangan terlalu tertutup lho, bisa pusing malah. 

Negara tertutup biasanya lebih menjaga privasi negaranya. Pembatasan interaksi dengan dunia luar adalah yang paling sering diterapkan. 

Lantas, negara mana saja yang dicap tertutup untuk sosialisasi dengan dunia luar?

1. Iran


Iran. (Foto: Pixabay)

Persoalan keamanan negara menjadikan Iran tertutup dari dunia luar. Rasa was-was lantaran intimidasi AS membuat negeri minyak itu juga sedikit memperketat sosialisasi warganya.

Ya seperti diketahui, Iran sempat mengatakan jika Amerika Serikat tengah menjalankan misi perekrutan mata-mata yang akan dipekerjakan oleh CIA. Hal itu tentu bersinggungan dengan perjanjian nuklir Iran 2015 yang measih menjadi polemik.

Baca juga: Ini Deretan Negara Islam yang Menindas Negara Islam di Timur Tengah

2. Korea Utara


Korea Utara. (Foto: Pixabay)

Ya, negara yang satu ini memang sangat tertutup dengan dunia luar. Namun anehnya justru sering menjadi sorotan. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu menyimpan banyak misteri.

Kehidupan masyarakat Korea Utara begitu terisolasi dengan dunia luar. Ada batasan-batasan yang ketat bagi masyarakat Korut untuk mengakses media seperti televisi, radio, komputer, maupun internet. Jika masyarakat melanggar batasan yang ada, akan ada hukuman yang berat dari otoritas Korut.

Di Korea Utara masih ada hukuman sadis 3 generasi. Artinya, selama itu seluruh keluarganya akan menanggung penjara.

3. Turkmenistan

Turkmenistan. (Foto: Pixabay)

Serupa dengan penerapan yang dilakukan Korea Utara, Turkmenistan juga melakukan hal yang sama. Seluruh kendali akses sosialisasi dipegang oleh sang presiden.

Penggunaan internet di Turkmenistan juga sangat dibatasi. Berselancar di dunia maya hanya bisa digunakan oleh kantor-kantor pemeritahan, dan lagi-lagi dengan pembatasan situs apa saja yang bisa dibuka. So, mau liburan ke sini?

Baca juga: Ini 5 Negara Terbesar di Dunia, Ada yang Luasnya 9 Kali dari Indonesia Lho!

4. Belarusia


Belarusia. (Foto: Pixabay)

Belarusia merupakan bagian negara Eropa yang menganut sistem diktator. Negara kecil ini juga dicap sebagai salah satu negara benua biru yang tertutup, Terlihat dari cara mereka melayani visa perjalanan yang sumpah mati ribet.

5. Kiribati


Kiribati. (Foto: Pixabay)

Konon katanya untuk ke Kiribati sangatlah sulit. Meskipun terkenal dengan keindahannya, akses menuju ke sana cukup rumit.

Termudah, melewati Fiji adalah cara terbaik ke negara yang berada di Samudera Pasifik itu. 

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Ragam

Berita Terkait: