Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

Diserang Isu Bangkrut di Sosial Media, Bank Mandiri Angkat Bicara

Headline
Diserang Isu Bangkrut di Sosial Media, Bank Mandiri Angkat Bicara Gedung Bank Mandiri (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Bank Mandiri membantah beredarnya isu terkait terjadinya serangan siber di sistem IT perusahaan itu yang disebut-sebut akan mengalami kebangkrutan.

"Pesan gelap di media sosial dan aplikasi percakapan Whatsapp yang menginformasikan bahwa bank Mandiri mengalami kerugian, akan segera bangkrut dan akan diambil China adalah tidak benar," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Menurut Rohan, tindakan penyebaran isu itu merupakan upaya pendiskreditan dengan tujuan merusak kepercayaan masyarakat, baik kepada Bank Mandiri, perekonomian Indonesia serta pemerintah RI.

Baca juga: Alasan Keadilan, Uni Eropa Berlakukan Pajak Impor Biodiesel dari Indonesia

Bank Mandiri, lanjutnya, merupakan bank milik pemerintah terbesar di Indonesia dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Bank Indonesia.

"Dengan kondisi ini, tidak mungkin segala kejadian tidak dimonitor dan diawasi oleh kedua institusi tersebut. Kami melihat, informasi yang disebarkan melalui kanal media sosial tersebut seperti diskenariokan oleh pihak tertentu yang memiliki iktikas tidak baik untuk mengganggu perekonomian dan pemerintah," tegas Rohan.

Baca juga: Trump Berubah Pikiran, AS Tunda Tarif Tambahan Barang-barang China

Rohan mengemukakan bahwa Bank Mandiri akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menindak pelaku penyebaran isu tersebut. Bank Mandiri pun mengimbau masyarakat tidak ikut menyebarkan berita bohong Karena dapat melanggar UU ITE.

Sebelumnya, di media sosial dan sejumlah grup WA isu serangan siber ini mengakibatkan kerugian Bank Mandiri mencapai sekitar Rp9 triliun.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: