Forgot Password Register

Disindir Sengketa Pulau, Rusia Panggil Dubes Jepang

Disindir Sengketa Pulau, Rusia Panggil Dubes Jepang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe and Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Rusia memanggil duta besar Jepang untuk negara itu guna menyampaikan keberatan atas komentar yang dikeluarkan kepemimpinan di Tokyo, kata Kementrian Luar Negeri Rusia, Rabu (9 Januari 2018).

Komentar tersebut berisi pernyataan terkait upaya untuk menyelesaikan perselisihan puluhan tahun dengan Moskow mengenai sebuah gugusan pulau.

Baca juga: Pria Ini Nekat Lecehkan Polisi Saat Ditangkap, Bertelanjang dan Meraba

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendorong sebuah perjanjian dengan Rusia mengenai masalah itu, dan dijadwalkan menggelar pembicaraan dengan Rusia Vladimir Putin pada bulan ini. Tapi, Moskow memperlihatkan keengganan untuk menyerahkan kekuasaan pulau-pulau itu.

Rusia dan Jepang telah tujuh dekade berseteru mengenai wilayah yang direbut pasukan Uni Soviet di hari-hari terakhir Perang Dunia II tersebut.

Baca juga: Hamas Ungkap Praktik Israel Rekrut Warga Palestina untuk Perperangan di Gaza

Menteri Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan mengatakan mereka telah memanggil duta besar Jepang untuk menyampaikan keberatan atas komentar yang dikeluarkan Jepang tentang keinginan untuk mencapai kesepahaman dengan warga Rusia yang tinggal di pulau-pulau itu mengenai pengalihan kekuasan ke Jepang.

Dalam pernyataan itu, Kementrian Luar Negeri Rusia juga memprotes komentar Tokyo yang menyebut bahwa Moskow menolak membayar kompensasi kepada Jepang atas pendudukan pulau-pulau itu.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More