Forgot Password Register

DPR Pertanyakan Kelayakan KM Lestari Maju yang Tenggelam di Sulsel

DPR Pertanyakan Kelayakan KM Lestari Maju yang Tenggelam di Sulsel Penumpang KM Lestari Maju berusaha menyelamatkan diri (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono mempertanyakan kelayakan atau standarisasi Kapal Feri KM Lestari Maju yang tenggelam saat berada perairan dekat pantai Pabbadilan, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018), sekitar pukul 14.00 WITA.

Menurutnya setiap kapal yang ada di Indonesia seharusnya sudah lulus uji standarisasi dengan mengukur standar yang diberlakukan organisasi kemaritiman internasional.

"Lah ini tentu kalau sampai terjadi kebocoran ini tentu harus dari pemerintah harus segera melakukan analisa apakah pada saat menstandarisasikan kapal ini dilakukan secara maksimal?," kata Bambang ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Baca juga: Tak Dapat Pelampung Saat KM Lestari Maju Tenggelam, 4 Penumpang Tewas

"Karena apa, kalau sampai terjadi kebocoran itu berarti yang bertanggung jawab adalah si pemeriksa atau yang di sini mewakili pemerintah dari birokrasi klasifikasi maupun yang ada di pemerintah yang ada pada waktu itu melakukan suatu standarisasi penstandarisasian itu tidak dilakukan dengan baik," tegasnya.

Selain itu, Bambang yang mengaku pernah mengunjungi tempat kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju mengatakan memang kondisi perairan di sana banyak ditumbuhi karang laut yang menjulang. Hal itu bisa jadi salah satu penyebab KM Lestari Maju tenggelam dan memakan korban jiwa.

"Kemungkinan bisa juga kapal ini karena saya pernah melihat di lautan di Selayar itu atau Pelabuhan Bira itu banyak sekali karang. Kemungkinan besar kapal itu kandas atau tergores ke karang, itu yang mengakibatkan sobek dari pada kapal itu sehingga akhirnya terjadi kebocoran," tuturnya.

Baca juga: Menegangkan, Begini Detik-detik Tenggelamnya KM Lestari Maju Tenggelam

Sekadar informasi KM Lestari Maju tenggelam saat berada perairan dekat pantai Pabbadilan, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) sekitar pukul 14.00 WITA.

KM Lestari Maju berangkat dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba dengan tujuan Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More