Forgot Password Register

Headlines

Gadget Pengaruhi Anak Kesulitan Berbicara

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Di era digital seperti sekarang, banyak orang tua yang mengandalkan gadget sebagai alat belajar atau hiburan anak. Meski dirasa memiliki manfaat yang cukup baik, tapi ternyata penggunaan gadget pada anak memiliki dampak buruk.

Dilansir dari Today's Parent, Selasa (22/5/2018), anak yang sering terpapar gadget ditemukan dapat berdampak buruk pada kemampuan berbicaranya. Menurut studi terbaru, kemampuan bicara si kecil akan terhambat seiring penggunaan gadget yang terlalu sering.

Baca juga: Nokia X6 Ludes Terjual dalam Waktu 10 Detik

Tim peneliti di Toronto, Kanada, menganalisa sekitar 900 bayi dari usia enam bulan hingga dua tahun (kategori balita). Saat mereka berusia 18 bulan, 20 persennya menggunakan gadget selama 28 menit per hari. Di sini, ditemukan setiap pertambahan 30 menit yang digunakan untuk menggunakan gadget, para bayi berisiko 49 persen mengalami penurunan kemampuan berbicara.

"Hal ini masih harus diteliti lebih lanjut mengenai penyebab penggunaan gadget serta jarak waktu yang dihabiskan dengan kemampuan berbicara anak," kata peneliti.

Tidak hanya itu, anak juga berisiko kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas akibat pemakaian gadget yang terlalu lama. Maka, The Canadian Paediatric Society tidak menganjurkan pemakaian gadget pada anak berusia di bawah dua tahun.

Baca juga: Motorola Ikut Pertarungan Smartphone Layar Lipat?

Peneliti menyarankan agar anak yang berusia dibawah 2 tahun jauh lebih baik untuk melakukan insteraksi secara langsung. Hal itu akan meningkatkan kemampuan berbicara pada anak dan menumbuhkan sosialisasinya terhadap lingkungan dan teman-temannya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More