Forgot Password Register

Gunung Api Fuego Guatemala Meletus Hebat, 25 Orang Tewas dan 296 Cedera

Gunung Api Fuego Guatemala Meletus Hebat, 25 Orang Tewas dan 296 Cedera Gunung api di Guatemala meletus. (Foto: Reuters/Luis Echeverria)

Pantau.com - Sebanyak 25 orang tewas dan 296 orang lagi cedera saat gunung berapi yang sangat aktif di dekat ibu kota Guatemala meletus untuk kedua kali tahun ini, Minggu (3 Juni 2018) waktu setempat.

Tak kurang dari 1,7 juta orang merasakan dampak letusan tersebut. Sementara itu, 3.000 orang diungsikan.

Baca juga: Setengah Hati Jalani Denuklirisasi, Korut Terima Peringatan Keras dari Menhan AS

Gunung berapi Fuego, yang terletak sekitar 50 kilometer di sebelah barat Ibu Kota Guatemala, Kota Guatemala, meletus sekitar tengah hari waktu setempat dan lava mulai mengalir turun pada sore hari.

Regu penyelamatan menggendong seorang anak yang menjadi korban letusan Gunung api Guatemala. (Foto: Reuters/Fabricio Alonzo)

Menurut laporan awal dari Koordinasi Nasional bagi Pengurangan Bencana Guatemala (CONRED), letusan tersebut adalah yang paling kuat yang tercatat dalam beberapa tahun belakangan ini.

Baca juga: Indonesia Terima Sulaman Mushaf Al-Quran Terbesar di Dunia

CONRED mengatakan letusan itu telah mengirim gelombang debu lebih dari 11 kilometer di atas permukaan laut, dan memicu getaran kuat dengan gelombang yang membuat bergetar atap dan jendela rumah yang berjarak sampai 20 kilometer.

Dinas penerbangan sipil Guatemala mengumumkan penutupan sementara operasi di Bandar Udara Internasional di Kota Guatemala karena adanya abu vulkanik.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More