Pantau Flash
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019
Industri Fintech Lending Diharapkan Makin Sehat Tahun Depan
Menteri Pendidikan Malaysia Apresiasi Langkah Nadiem yang Hapus UN
191.807 Personel TNI-Polri Dikerahkan dalam Operasi Lilin 2019
LIPI: Sampah Menumpuk Akibat Perilaku Masyarakat

Hari Diabetes Sedunia 2019: 5 Minuman Baik untuk Pengidap Diabetes

Hari Diabetes Sedunia 2019: 5 Minuman Baik untuk Pengidap Diabetes Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Hari ini diperingti sebagai Hari Diabetes Sedunia. Kampanye kesadaran global itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan diabetes, komplikasinya, dan bagaimana cara mencegahnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 1,6 juta kematian disebabkan oleh diabetes pada 2016. Pada 2017, kasusnya meningkat hingga 72 juta kasus diabetes di India, dan jumlahnya diperkirakan akan terus berlipat ganda menjai 134 juta pada 2025.

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya. Jadi, untuk mengelola diabetes, diet sehat dan minuman rendah kalori sangat disarankan.

The American Diabetes Association menyarankan minuman rendah kalori untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Pada artikel ini, kita akan fokus pada minuman terbaik untuk diabetes.

1. Teh Liquorice 

Liquorice adalah ramuan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak akar manis mungkin memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baca juga: Ganja untuk Kecantikan? Tengok Dulu 7 Manfaatnya

2. Air putih 

Penderita diabetes harus minum air yang cukup untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dalam jumlah yang lebih tinggi menurunkan risiko diabetes tipe 2. Institute of Medicine merekomendasikan wanita untuk minum 9 gelas air dan pria harus minum 13 gelas air.

3. Kopi 

Para peneliti menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kopi mengandung komponen aktif seperti asam kuinat, asam klorogenat, lignan secoisolariciresinol dan trigonelin yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Baca juga: Minum Jus Blueberry Setiap Hari Ampuh Turunkan Tekanan Darah

4. Infuse Water

Infuse water merupakan air minum dengan irisan buah jeruk, seperti lemon dan jeruk nipis, beri, dll. Minuman oni membantu menurunkan kadar gula darah karena memiliki nol kalori. Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan bubur lidah buaya ke dalam air juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena lidah buaya memiliki sifat antidiabetes.

5. Susu 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi produk susu termasuk susu selama masa remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

6. Teh hijau 

Studi penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena antioksidan polifenol yang ada di dalamnya. Penderita diabetes harus minum teh hijau karena membantu fungsi sistem metabolisme yang lebih baik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: