Pantau Flash
Pelabuhan Merak-Bakauheni Titik Krusial Mudik Natal dan Tahun Baru 2020
Saut Situmorang: Korupsi Bikin Kiamat Suatu Negara
3 Wakil Indonesia Berebut Medali Emas Bulutangkis SEA Games 2019
43 Orang Tewas Setelah Si Jago Merah Lalap Gedung 6 Lantai
Zulkifli Hasan: Jualan Surga dan Negara Sudah Tidak Laku di Pilpres

Hiii... Kenalin Nih 8 Tanda-tanda Tubuhmu Penuh Parasit

Headline
Hiii... Kenalin Nih 8 Tanda-tanda Tubuhmu Penuh Parasit Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.comPantau.com - Ada banyak orang yang mungkin memiliki parasit dalam tubuhnya, namun tak semua sadar akan keberadaannya. Parasit merupakan mikroorganisme yang hidup pada organisme lain.

Banyak orang berisiko terkenal parasit. Beberapa di antaranya menyebabkan penyakit secara langsung dan yang lain menyebabkan penyakit akibat racun yang dihasilkan parasit.

Parasit bertahan hidup dengan memakan apapun di dalam tubuh manusia. Parasit yang sering ditemukan dalam tubuh seperti cacing kremi, lambia, cacing tambang, cacing pita, trichella, dan Dientamoeva fragillis. Ada juga jenis tertentu parasit yang bertahan hidup pada makanan yang dikonsumsi oleh inangnya. Beberapa dari mereka bertelur dan memakan sel darah merah.

Menyeramkan bukan? Tapi jangan khawatir karena ternyata ada tanda-tanda yang bisa dilijat jika tubuh pernuh parasit lho. Dilansir Boldsky, berikut tanda-tandanya.

Baca juga: 7 Manfaat dari Minyak Zaitun, Salah Satunya Bisa Bikin Mood Bagus Lho

1. Masalah Pencernaan Kronis

Jika ada infestasi parasit dalam tubuh, maka limbah beracun yang dihasilkan oleh mereka menyebabkan gas, kembung, mual, sembelit, dan rasa terbakar di perut.

2. Nyeri Perut

Jika parasit berada di daerah usus kecil bagian atas, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan. Ini juga dapat menghalangi keluarnya limbah dari tubuh, menyebabkan sakit perut.

3. Anal Gatal

Orang yang terkena cacing kremi mengeluh ketidaknyamanan anal atau gatal-gatal, yang sering terjadi pada malam hari ketika cacing betina bertelur. Ini juga salah satu tanda parasit yang ada di tubuh manusia.

4. Kelelahan dan Kelemahan

Ini terjadi karena cacing usus menghabiskan nutrisi penting tubuh dengan memakan makanan yang Anda konsumsi. Ini membuat tubuh Anda lemah dan membuat Anda kelelahan.

Baca juga:8 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Jantung Sehat

5. Perubahan Nafsu Makan dan Berat Badan

Perubahan nafsu makan reguler dan penurunan berat badan terjadi dalam kasus cacing pita atau kadas. Ini terjadi karena parasit mengkonsumsi makanan yang Anda makan, dan membuat Anda lapar.

6. Anemia

Infeksi cacing gelang atau cacing kremi menyebabkan anemia, karena parasit mencuri vitamin yang baik seperti zat besi, yang menyebabkan anemia.

7. Masalah Kulit

Peradangan tubuh yang disebabkan oleh parasit juga dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti ruam, gatal-gatal, eksim, dan bentuk alergi lainnya.

8. Nyeri pada otot dan sendi

Parasit tertentu dapat menyerang jaringan lunak pada otot dan persendian dan mereka cenderung tertutup dalam kista, yang menyebabkan iritasi dan rasa sakit di area ini.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: