Forgot Password Register

Headlines

Hore! Rapel Kenaikan Gaji PNS Dibayarkan April

Hore! Rapel Kenaikan Gaji PNS Dibayarkan April ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengakses aplikasi daring Klinik Kepegawaian Online (klik on) (Foto: Antara/Maulana Surya)

Pantau.com - Rencana kenaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri dan Pensiunan akan segera terealisasi. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menargetkan pembayaran akan dilakukan April 2019 mendatang.

Sehingga, jumlah kenaikkan gaji sejak Januari hingga April seluruhnya akan dirapel pada bulan April. Untuk kebutuhan tersebut Kemenkeu telah menganggarkan Rp2,66 triliun. 

"Total akan mencapai Rp2,66 triliun terdiri PNS pusat, TNI, Polri dan pensiunan," ujarnya saat jumpa pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Gaji PNS Tahun 2019

"Sehingga pada April setiap Kementerian/Lembaga akan dibayarkan tidak hanya April tapi dari Januari hingga Maret," imbuhnya.

Ia mengatakan, Peraturan Pemerintah (PP) terkait kenaikkan gaji 5 persen telah ditandatangani sehingga ia meminta Kementerian dan Lembaga segera melaporkan jumlah pegawai dan jumlah kenaikkan gaji kepada satuan kerja (satker).

"Tinggal pelaksanaannya, PP sudah ditandatangani maka proses KL akan menyampaikan konfirmasi berapa jumlah pegawai dan kenaikan gaji sesuai UU (undang-undang). Jadi konfirmasi angka yang akan kita proses di satker ini sedang dilakukan," katanya. 

Baca juga: Sri Mulyani Sumringah, Penerimaan Cukai Negara Naik 8 Kali Lipat

Sementara, untuk PNS di daerah akan menggunakan anggaran setiap daerah yang telah dihitung dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

"Untuk ASN daerah sudah dihitung di transfer DAU. Masing-masing daerah juga melakukan kenaikan gaji sesuai undang-undang kenaikan," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More