Forgot Password Register

Ini 4 Regulasi Strategis Kemendag Hadapi Bulan Ramadan

Kantor Kementerian Perdagangan. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi Kantor Kementerian Perdagangan. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi

Pantau.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan empat langkah strategis dalam upaya menjaga pasokan dan harga bahan pokok, khususnya menjelang masuknya bulan suci Ramadan yang akan jatuh pada Mei 2018.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengatakan bahwa langkah pertama yang disiapkan adalah penguatan penerbitan permendag, yaitu pendaftaran pelaku usaha bapok Permendag 20/2017, harga acuan Permendag 27/2017 dan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras Permendag 57/2017.

"Kami akan terus memperkuat regulasi perdagangan. Kami juga memastikan seluruh Permendag ini diimplementasikan dengan baik dan benar oleh para pelaku usaha," kata Tjahya, dalam keterangan tertulis yang diterima, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Baca juga: Kementerian ESDM Keluarkan Aturan Harga BBM, Yes or No?

Tjahya menambahkan, langkah kedua yang disiapkan adalah, melalui penatalaksanaan yaitu melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah daerah, instansi terkait, fasilitasi dengan BUMN dan pelaku usaha serta penugasan Perum Bulog.

Ketiga, melalui pemantauan dan pengawasan yang akan dilakukan oleh Eselon I Kemendag bersama dengan Satgas Pangan di seluruh wilayah Indonesia. Langkah tersebut untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga, termasuk menjamin pendistribusian bapok.

Terakhir, melalui upaya khusus yaitu penetrasi ke pasar rakyat dan toko swalayan. Kemendag akan melakukan penetrasi pasar menjelang puasa pada 1-15 April 2018 atau (H-45)-(H-30) puasa serta menjelang Lebaran pada 14 Mei-18 Juni 2018 atau pada (H-31)-(H-7) Lebaran.

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Coret 14 Proyek dari Proyek Strategis Nasional

"Penetrasi ke pasar rakyat dan ritel modern untuk penguatan regulasi mengawal kelancaran pasokan bapok ke pasar pantauan," tambah Tjahya.

Kementerian Perdagangan tengah melakukan berbagai persiapan dalam menjaga pasokan dan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadan. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kemendag bertugas untuk memastikan stok dan stabilisasi harga bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia.

Kemendag secara intens melakukan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di berbagai wilayah, untuk mengamankan harga dan stok bahan pokok.

Hingga minggu ke-2 April, Kemendag telah menggelar Rakorda di 10 provinsi yaitu Sumatra Barat, Sumatra Utara, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More