Pantau Flash
KPK Panggil Sekjen DPR RI Jadi Saksi Kasus Impor Bawang Putih
LAPAN Bangun Bandar Antariksa di Biak Tahun 2020 Mendatang
25 Kelurahan di DKI Jakarta Masuk Kategori Rawan Banjir
Aceh Juga Diguncang Gempa Magnitudo 5,1
Gempa M 5,9 Kembali Guncang Maluku Utara

Ini 5 Keuntungan yang Didapat dari Konsumsi Cokelat Hitam

Ini 5 Keuntungan yang Didapat dari Konsumsi Cokelat Hitam Ilustrasi cokelat hitam. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Cokelat menjadi salah satu makanan yang dicari saat hari-hari penuh tekanan pekerjaan yang menyebabkan stres. Menurut penelitian cokelat bisa meningkatkan suasana hatimu menjadi lebih positif dan bahagia. 

Cokelat tidak hanya lezat untuk dimakan tetapi juga punya beberapa manfaat kesehatan yang dibawanya. Menurut penelitian mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat kesehatan yang didapatkan jika mengonsumsi cokelat hitam.

1. Memperbaiki suasana hati

Ilustrasi cokelat hitam (Pixabay)

Jika suasana hati sedang buruk, cokelat menjadi salah satu camilan wajib. Dengan mengonsumsi cokelat hitam dapat merangsang produksi endorfin dalam tubuh yang memberikan transmisi perasaan yang baik untuk otak dan membantu memperbaiki suasana hati.

Baca juga: Meski Baunya Tak Sedap, Cuka Apel Punya 5 Manfaat Ini Lho

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi cokelat hitam (Pixabay)

Cokelat yang berasal dari biji kakao kaya akan nutrisi tanaman flavanoid --zat yang memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut sebuah studi kesehatan, mengonsumsi cokelat hitam sewajarnya setiap hari bisa terhindar dari peradangan, risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya. Menurut laporan dari Swedia tahun 2011 menyebutkan wanita yang mengkonsumsi lebih dari 45 gram coklat perminggu punya risiko 20 persen lebih rendah terserang stroke.

3. Mencegah diabetes

Ilustrasi cokelat hitam (Pixabay)

Sebuah penelitian kecil tahun 2005 di Italia mengungkap bahwa makan sedikit coklat setiap hari bisa mengontrol sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin adalah hal yang paling dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan terhindar dari diabetes. Untuk penderita diabetes tipe 2, manfaat lain yang didapatkan adalah meminimalkan komplikasi dari gula darah tinggi.

Baca juga: Ini 5 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

4. Meningkatkan penglihatan

Ilustrasi cokelat hitam (Pixabay)

Karena coklat meningkatkan aliran darah, peneliti di Universitas Reading pada 20111 mengungkap bahwa coklat bisa juga meningkatkan aliran darah ke retina yang bisa meningkatkan penglihatan.

5. Menurunkan kolesterol


Keuntungan lain dari makan coklat adalah bisa menurunkan kolesterol. Menurut sebuah studi kecil yang dilakukan Universtas Illinois, flavanol dalam coklat murni mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan level kolesterol baik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: