Pantau Flash
Sempat ricuh, Rakernas PAN Belum Hasilkan Jadwal Kongres
Ditetapkan sebagai Tersangka, Gathan Saleh Menghilang
Sumbang Emas, Beatrice/Jessy Putus Paceklik Juara Tenis di Sea Games
Jadi Tersangka, Vicky Prasetyo Santai Jalani Pemeriksaan
Soal Kabareskrim Baru, Gus Yaqut: Kapolri Pilih Orang yang Tepat

Meski Baunya Tak Sedap, Cuka Apel Punya 5 Manfaat Ini Lho

Meski Baunya Tak Sedap, Cuka Apel Punya 5 Manfaat Ini Lho Ilustrasi cuka apel. (Foto: Pixabay)

Pantau.comPantau.com - Cuka apel atau cuka sari apel adalah air apel yang difermentasi menjadi alkohol setelah dicampur dengan bakteri dan ragi. Bakteri penghasil asam asetat ini kemudian mengubah alkohol menjadi cuka. Air cuka apel yang sudah difermentasi memiliki warna kecoklatan dengan bau yang sangat tajam.

Meski baunya tak sedap, cuka apel dikenal memiliki manfaat sejak ribuan tahun lalu di daratan Eropa. Cuka apel dianggap memiliki efek positif bagi tubuh. Dikutip dari Boldsky, berikut 5 manfaat cuka apel untuk kesehatan.

1. Menurunkan berat badan


Ilustrasi cuka apel. (Pixabay)

Cuka apel membantu dalam membakar lemak ekstra pada tubuh, serta menekan nafsu makan Anda. Pektin dalam cuka mengikat lemak dan menghapusnya dari tubuh. Dengan semua kalori yang tidak diinginkan terbakar, metabolisme akan meningkat.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Otak

2. Mengelola kadar gula darah


Ilustrasi cuka apel. (Pixabay)

Kandungan serat dalam cuka apel membantu menjaga kadar glukosa darah. Hal ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada seseorang yang menderita diabetes tipe 2. Menurut beberapa studi, dua sendok makan cuka apel dapat membantu mengurangi kenaikan tingkat gula darah.

3. Mengurangi kolesterol


Ilustrasi cuka apel. (Pixabay)

Kehadiran asam asetat bersama dengan asam klorogenat dalam cuka apel membuatnya bermanfaat dalam mengelola kolesterol. Dua senyawa ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Baca juga: 7 Khasiat Sehat Buah Jambu Biji, Bisa Redakan Nyeri Menstruasi Lho

4. Meningkatkan kesehatan jantung


Ilustrasi cuka apel. (Pixabay)

Seperti yang disebutkan di atas, cuka apel bermanfaat untuk mengelola kolesterol, yang secara langsung tergantung pada kesehatan jantung. Artinya, dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, cuka dapat melindungi sistem kardiovaskular Anda.

5. Tingkat pH sehat


Ilustrasi cuka apel. (Pixabay)

Mengkonsumsi cuka apel dapat membantu membersihkan darah selama proses oksidasi dan mencegah efek samping dari keasaman yang dapat mempengaruhi tubuh Anda. Dengan demikian membantu dalam menjaga tingkat pH yang sehat. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: