Pantau Flash
Anggaran Pembangunan Perkeretaapian di Ibu Kota Baru Mencapai Rp209,6 T
PB Djarum Fokus Cetak Tunggal Putra
Erupsi Gunung Merapi Masih Akan Terus Terjadi
Tol Japek Elevated Dioperasionalkan Fungsional saat Libur Natal-Tahun Baru
Iwan Bule: Shin Tae-yong Salah Satu Pelatih Berprestasi di Dunia

7 Khasiat Sehat Buah Jambu Biji, Bisa Redakan Nyeri Menstruasi Lho

7 Khasiat Sehat Buah Jambu Biji, Bisa Redakan Nyeri Menstruasi Lho Ilustrasi jambu biji. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jambu biji merupakan buah manis dengan wangi yang khas. Buah yang berbentuk oval dengan kulit hijau ini mengandung nutrisi yang tinggi yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya, orang-orang di China dan India juga menggunakan daun buah jambu biji untuk mengobati penyakit diare.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Buah Jambu Biji?

Berikut 7 manfaat buah jambu biji untuk kesehatan dikutip dari Boldsky.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidan dan vitam yang terkandung dalam jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, serat larut dan kalium dalam jambu biji juga berkontribusi pada kesehatan jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Buah yang rendah akan kalori ini juga dapat menjadi makanan ringan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Makanan Super Ini Siap Balikin Energi Kamu yang Hilang Usai Aktivitas

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu dapat meningkatkan dan mengontrol kadar gula darah dan resistensi insulin. Studi lain menemukan bahwa minum teh daun jambu mengurangi kadar gula darah setelah makan.

4. Mencegah kanker

Antioksidan yang kuat dalam jambu biji dan ekstrak daun jambu mencegah radikal bebas dari merusak sel sehat, sehingga mencegah kanker. Sifat antikanker jambu biji dan daunnya dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Memperkuat imunitas

Jambu adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba dari jambu dapat membunuh bakteri buruk dan virus yang dapat menyebabkan infeksi.

Baca juga: Mengenal 5 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

6. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi di jambu biji membantu mencegah sembelit dan membantu buang air besar secara teratur. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu menurunkan intensitas dan durasi diare dengan membunuh semua mikroba berbahaya dalam usus.

7. Meredakan nyeri haid

Ekstrak daun jambu biji memiliki kemampuan untuk meredakan dari kram menstruasi. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami menstruasi menyakitkan menggunakan 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari, dapat membantu menurunkan intensitas nyeri.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam