Pantau Flash
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor
13 Aliran Kepercayaan Sesat Tumbuh di Bekasi
PSSI Tak Tahu Keberadaan Simon McMenemy saat Ini
DPR RI pada BI: Jangan Sampai Penggunaan Uang Digital Jadi Money Creation
Timnas U-22 Indonesia Ditahan Iran 1-1

Mengenal 5 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal 5 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi minyak ikan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Para ahli kesehatan mengatakan manfaat yang dimiliki oleh minyak ikan menjadikannya salah satu hal penting untuk kesehatan. Terbuat dari jaringan ikan lemak air dingin seperti salmon, tuna, halibut dan sebagainya, minyak ikan merupakan sumber yang kaya akan  asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA).

Minyak ikan terdiri dari 30 persen  asam lemak omega-3 dan 70 persen nutrisi penting lainnya. Dari membantu penurunan berat badan, meningkatkan penglihatan, konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan kesehatan.

Pantau.com rangkum 5 manfaat menakjubkan minyak ikan yang dikutip dari Boldsky.

1. Meningkatkan kesehatan jantung


Ilustrasi minyak ikan. (Pixabay)

Baca juga: Ini 5 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Alergi

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak ikan secara teratur memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. 

Minyak ikan juga dapat mengurangi kadar kolesterol, trigliserida, tekanan darah, dan serangan jantung. Hal ini juga menegaskan bahwa orang yang memiliki sindrom metabolik dan predisposisi untuk penyakit jantung akan diuntungkan jika mengonsumsi minyak ikan secara teratur.

2. Menurunkan berat badan


Ilustrasi berat badan. (Shutterstock)

Mengonsumsi minyak ikan akan meningkatkan komposisi tubuh, mengurangi kemungkinan obesitas, dan membantu dalam menurunkan berat badan. Asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexenoic (DHA) yang terdapat dalam minyak ikan memiliki peran penting dalam pembakaran lemak.

3. Meningkatkan penglihatan


Ilustrasi mata. (Shutterstock)

Penelitian telah mengungkapkan bahwa minyak ikan memiliki kemampuan untuk meningkatkan penglihatan. Selain itu, minyak ikan juga membantu membatasi onset degenerasi makula seiring dengan usia. Kehadiran asam lemak omega-3 ini memiliki peran sentral dalam proses tersebut.

Baca juga: Coba Yuk! Ini 5 Cara Membuat Masker Telur untuk Kesehatan Rambut

4. Mengurangi peradangan


Ilustrasi minyak ikan. (Pixabay)

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan terkenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengobati gejala pada penyakit tertentu, yang dapat menyebabkan peradangan, terutama rheumatoid arthritis. 

5. Mencegah kanker


Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ikan membantu untuk mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: