Pantau Flash
DPRD DKI: Anies Tak Pernah Berjanji Jika Tidak Lakukan Penggusuran
Menteri BUMN Pangkas Deputi Kementerian Jadi 3
Marquez Persembahkan Treble Crown untuk Lorenzo
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar

Konsumsi 5 Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Otak

Konsumsi 5 Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Otak Makanan Baik Untuk Otak. (Foto: Getty Images)

Pantau.com - Kesehatan otak menjadi hal yang wajib dan tidak bisa diabaikan karena otak merupakan bagian terpenting dalam organ tubuh manusia. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan otak, salah satu cara paling mudah ialah dengan menjaga asupan makanan.

Makanan sehat bisa dilihat dari kandungan yang ada didalamnya, diantaranya mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin dan mineral. Makanan yang mengandung kandungan gizi tersebut sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan memori dan mencegah penyakit di otak. 

Apa Saja Makanan yang Baik untuk Otak?

Berikut ini adalah lima makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Baca Juga: 5 Makanan Super Ini Siap Balikin Energi Kamu yang Hilang Usai Aktivitas

1.Bayam

bayam

Bayam. (Foto: iStock)

Bayam adalah makanan yang bagus untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Pasalnya,  bayam memiliki kandungan folat yang tinggi serta vitamin K, dimana nutrisinya sangat baik bagi otak. Asam folat adalah vitamin B yang membantu melindungi saraf dari kerusakan. Sedangkan vitamin K telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan aktivitas otak.

2. Buah Berry

buah berry

Buah Berry. (Foto: iStock)

Ada beberapa jenis buah beri yang baik untuk kesehtan, diantaranya stroberi, blueberry, mulberry, dan cerikaya, semuanya kaya akan antioksidan yang dapat melindungi otak dan meningkatkan memori. Buah ini juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Tubuh Tetap Bugar Setelah Duduk Lama

3. Biji Kopi

biji kopi

Biji Kopi. (Foto: shutterstock)

Biji kopi kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino. Beberapa penelitian menunjukkan minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko demensia. Sebuah penelitian lain di Korea Selatan menemukan biji kopi dapat memperlambat pertumbuhan tumor otak.

4. Ikan Salmon

ikan salmon

Ikan Salmon. (Foto: iStock)

Salmon dan ikan berminyak lainnya kaya akan asam lemak omega-3. Asam itu mengandung DHA yang membantu otak mengirimkan sinyal. Jumlah DHA yang rendah berdampak melemahnya daya ingat otak, kurang konsentrasi atau gangguan suasana hati, depresi, skizofrenia dan autisme.

5. Kacang-kacangan

kacang kacangan

Kacang-kacangan. (shutterstock)

Kacang banyak mengandung vitamin E yang baik untuk otak dan membantu mencegah pikun. Kenari sama seperti salmon, kaya akan omega-3. Kacang mete kaya akan magnesium yang memungkinkan lebih banyak oksigen ke dalam sel darah di otak. Kacang juga mengandung Choline yang meningkatkan sistem saraf pusat.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: