Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Ini Alasan Kenapa Cowok Moody Lebih Menarik Dimata Cewek

Ini Alasan Kenapa Cowok Moody Lebih Menarik Dimata Cewek

Pantau.com - Berdasarkan riset ilmiah yang dilakukan oleh tim dari University of British Columbia, Kanada mengungkapkan, pria yang suasana hatinya selalu berubah-ubah (moody) lebih menarik bagi perempuan daripada pria yang konsisten ceria.

Penelitian itu menunjukkan bahwa melemparkan senyum menawan bukan cara untuk mendapatkan hati seorang perempuan.

Sebenarnya, pria yang terlihat sombong atau murung justru lebih cenderung membuat perempuan tertarik.

Para pakar mengatakan penemuan itu mengindikasikan bahwa pria yang tersenyum tidak tampak kuat, berdaya atau maskulin seperti mereka yang menatap tajam atau yang tampak arogan.

Baca Juga: Benarkah Terlalu Bahagia Bikin Seseorang Cepat Mati?

Sebaliknya, para pria jauh lebih tertarik pada perempuan yang ceria dan tersenyum. Itu karena pria lebih memilih perempuan ramah dan patuh.

Riset yang dilakukan oleh satu tim psikolog itu bisa mendorong para pria mengubah perilaku kencan mereka dan memperbarui foto profil yang digunakan dalam situs kencan.

"Kami menemukan fakta bahwa perempuan kurang tertarik pada pria bahagia yang tersenyum, justru malah lebih memilih mereka yang terlihat angkuh dan kuat atau 'moody'. Kebalikannya, peserta pria kebanyakan secara seksual lebih tertarik pada perempuan yang tampak bahagia, dan kurang tertarik pada perempuan yang tampak sombong dan percaya diri."

Untuk samapai pada hasil tersebut peneliti melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa untuk memberi peringkat daya tarik seksual dari ratusan foto-foto lawan jenis.

Foto-foto itu menunjukkan para pria dan perempuan dalam berbagai macam ekspresi seperti bahagia, dengan senyum lebar, keangkuhan, kepala tegak, membusungkan dada, malu-malu, menundukkan kepala atau menghindari tatapan mata.

Baca Juga: Kamu Pria dan Sering Kurang Tidur? Hati-hati Bos

Pada penelitian lain yang dilakukan Profesor Tracy mengatakan, bahwa apa yang menurut orang menarik sebenarnya sudah terbentuk oleh evolusi berabad-abad silam.

Contohnya, teori evolusi menunjukkan perempuan bisa tertarik pada gambaran pria yang angkuh karena secara tidak langsung menunjukkan status, kompetensi dan kemampuan untuk memberi pada pasangan dan keturunan.

Para peneliti mengatakan, tersenyum juga terkait dengan kurangnya dominasi yang konsisten dengan stereotip gender dari wanita "patuh dan rapuh", tetapi bertentangan dengan pria "kuat dan diam."

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal "American Psychological Association."

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam