Pantau Flash
Firli Bahuri: Pencegahan Korupsi Tak Bisa Dilakukan KPK Sendiri
Ismed Sofyan Terbang ke Spanyol Perdalam Ilmu Kepelatihan
Pengamat: Omnibus Law Jadi Upaya Membangun Ekosistem Mendukung Investasi
Kawanan Monyet Serang Rumah dan Lawan Warga di Kuningan Jabar
Yasonna Laoly Minta Maaf Terkait Pidatonya Tentang Warga Tanjung Priok

Kamu Pria dan Sering Kurang Tidur? Hati-hati Bos

Kamu Pria dan Sering Kurang Tidur? Hati-hati Bos Ilustrasi Stress. (Foto: Dreamstime)

Pantau.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Chicago, Amerika Serikat mengungkapkan, kondisi sulit tidur dapat menurunkan tingkat hormon testosteron dalam tubuh pria. Akibatnya, hasrat seksual dapat menurun dan bahkan bisa lebih buruk untuk jangka panjang.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, berkurangnya tingkat hormon testosteron memiliki dampak yang besar, terutama bagi pria muda. Berkurangnya hormon testosteron juga berdampak pada pembentukan otot dan kepadatan tulang.

Baca Juga: Awas! Sering Begadang Dapat Sebabkan Obesitas

Pria yang tidur kurang dari lima jam sehari selama sepekan atau lebih memiliki tingkat testosteron yang sangat rendah.

Penelitian itu dilansir dalam jurnal The American Medical Association (JAMA) yang menemukan fakta bahwa berkurangnya hormon dapat membuat orang menjadi terlihat lebih tua 15 tahun.

"Rendahnya tingkat testosteron berkaitan dengan penurunan kesehatan dan kekuatan fisik, yang juga terjadi ketika kekurangan tidur," ujar professor Eve Van Cauter.

Cauter telah meneliti dampak dari sulit tidur selama lebih dari 10 tahun. Dalam penelitiannya, ia melibatkan 10 pria muda dengan usia rata-rata 24 tahun, yang memiliki badan sehat dan menjalani pengujian ketat.

Baca Juga: Internet Dapat Bantu Tingkatkan Daya Ingat dan Ketajaman Otak

Para pria itu diminta untuk tidur selama 10 jam dalam tiga malam di laboratorium uji. Mereka juga diminta untuk menggambarkan perasaan mereka masing-masing.

Penelitian itu menemukan fakta bahwa tingkat testosteron secara signifikan dapat berkurang setelah sepekan lamanya mereka mengalami sulit tidur. Selain itu, pria yang kurang tidur juga akan mengekspresikan perasaan tidak tenang sepanjang hari.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: