Forgot Password Register

Headlines

Ini Alasan PKS Ngotot Ingin Jadikan Anies Capres

Ini Alasan PKS Ngotot Ingin Jadikan Anies Capres Sohibul Iman (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersikukuh akan menjadikan Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pipres 2019 mendatang. PKS menilai, tokoh sekaliber Anies tidak pantas hanya dijadikan calon wakil presiden.

"Kita sampaikan kembali, memperjuangkan Pak Anies jadi gubernur itu effort yang luar biasa. Nah sekarang beliau sudah jadi gubernur. Kalau ada situasi Pak Anies harus ke nasional, saya katakan, oke tapi jangan cawapres, (harus) capres," ujar Presiden PKS Sohibul Iman di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/7/2018).

Baca juga: PKS akan Adopsi Strategi Pilkada DKI untuk Kalahkan Jokowi

Sohibul menambahkan, hal ini dikarenakan jika Anies memaksakan diri maju ke pentas Pilpres, itu sangat berisiko. Karena jika meletakkan jabatan gubernur kemudian maju di pilpres dan kalah, itu sangat merugikan Anies dan PKS sebagai partai pendukungnya. Menurut Sohibul, kalah sebagai capres dan cawapres itu sama saja, namun jika dalam posisi menang tentu akan berbeda.

"Nah ini (Gubernur DKI Jakarta) sudah strategis, sudah jelas kita dapatkan, nasional yang masih spekulatif. Saya kira ini sesuatu yang secara logika politik tidak terlalu logis. Nah kami katakan, jadi kami ingin Pak Anies tetap di DKI. Itu prinsip PKS," kata Sohibul.

Sehingga bukan sesuatu yang berlebihan jika PKS ingin apabila Anies maju di pilpres haruslah sebagai calon presiden.

"Ya kan risikonya sama. Tapi hasilnya kan jadi cawapres, dan jabatan RI 2 itu menurut saya sama dengan DKI 1. Mendingan jadi capres," imbuhnya.

Baca juga: AHY Digadang Jadi Cawapres Prabowo, Ini Kata PKS

Sohibul Iman bahkan berkelakar bahwa posisi Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta setara dengan jabatan sebagai wakil presiden Indonesia.

"Dan harus diingat, gubernur itu hitungan kita dalam politik Indonesia, DKI 1 sama dengan RI 3. Bahkan juga sama dengan RI 2 (cawapres). Jadi posisinya sudah strategis," tuturnya.

Lebih lanjut ia juga meyakini, apabila Anies maju akan jadi capres yang potensial karena didukung mesin partai yang solid, "Iya Insya Allah (kuat). Mesin kita gerakkan," tutupnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More