Forgot Password Register

Ini Dia Batu yang Diyakini Berusia 73 Ribu Tahun, Terdapat Seni Garis Merah

Serpihan batu yang ditemukan di Gua Blombos dengan tanda merah, diklaim sebagai gambar tertua yang dibuat manusia (Foto: Reuters) Serpihan batu yang ditemukan di Gua Blombos dengan tanda merah, diklaim sebagai gambar tertua yang dibuat manusia (Foto: Reuters)

Pantau.com - Para peneliti Norwegia di Afrika Selatan menemukan artefak yang sebelumnya diyakini sebagai gambar tertua di dunia selama ribuan tahun. Mereka menambahkan, sejarah kemanusiaan perlu ditulis ulang.

Dikutip dari Sputnik, Sabtu (15/9/2018), peneliti dari University of Bergen telah menemukan gambar abstrak di sebuah gua di Afrika Selatan. Pada usia 73.000 tahun, garis pigmen merah dilihat sebagai karya seni tertua di dunia yang diklaim berusia 73 ribu tahun.

Hal itu sekaligus menyiratkan bahwa Homo sapiens mengembangkan komunikasi abstrak jauh lebih awal dari yang diyakini sebelumnya. 

Pola lintas menetas terdiri dari tiga garis yang ditarik satu arah dan enam garis yang digambar. Temuan di Gua Blombos di Zaman Batu Tengah, itu mendahului gambar abstrak dan figuratif yang paling awal dikenal sebelumnya, seperti lukisan gua El Castillo di Spanyol dan Chauvet di Perancis, setidaknya 30.000 tahun.

Baca juga: Heboh, Emas Langka Senilai Rp158 Miliar Ditemukan di Asutralia

Menurut Center for Early Sapiens Behavior yang baru didirikan di Universitas Bergen, penemuan ini adalah demonstrasi paling awal dari kemampuan artistik dan komunikasi Homo sapiens.

"Ini berarti bahwa orang dapat berkomunikasi secara visual lebih dari 15.000 tahun lebih awal daripada orang modern pertama meninggalkan benua Afrika dan pergi ke Asia, Australia dan Eropa," profesor Christopher Henshilwood di Universitas Bergen, yang memimpin penggalian, mengatakan Harian Norwegia Aftenposten.

Bersama dengan Dr. Karen van Niekerk, Henshilwood telah menjalankan penggalian selama lebih dari seperempat abad. Setelah gua itu digunakan oleh berbagai suku, kemudian terkena perubahan iklim besar, termasuk perubahan besar di permukaan laut.

Baca juga: Hati-hati AS... Badai Florence akan Seperti 'Pukulan Mike Tyson'

Namun, karena dipenuhi dengan pasir, justru melindungi gambar-gambar unik. Selama bertahun-tahun, banyak penemuan manusia purba dibuat, termasuk gigi dan manik-manik. Ditambah dengan penemuan lain, gambar itu juga membuktikan bahwa manusia purba jauh lebih maju dari yang diperkirakan sebelumnya.

"[Garis-garis] adalah sarana komunikasi. Mereka adalah bagian dari simbol yang harus disampaikan manusia sebagai pesan kepada sesama manusia. Ini adalah tanda kemampuan untuk menyimpan informasi di luar otak manusia. Mereka yang membaca informasi itu dapat memahaminya. Ini berarti bahwa orang-orang ini memiliki sistem bahasa yang dikembangkan, "jelas Henshilwood.

Batu dengan gambar itu digali dari gua pada tahun 2011. Namun, peneliti membutuhkan waktu beberapa tahun untuk memverifikasi temuan tersebut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More