Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

Jangan Dibiarkan Rusak Ya, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Hati Sehat

Jangan Dibiarkan Rusak Ya, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Hati Sehat Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Hati yang sehat memainkan peran dalam memproduksi protein, mineral, hingga karbohidrat. Organ kuat ini juga membantu manusia memecah racun.

Jika hati Anda tidak bekerja dengan baik, hal ini bisa menjadi bencana yang menyebabkan penyakit radang seperti diabetes, tekanan darah, penyakit autoimun, hingga radang sendi. Jadi, sangat penting untuk Anda dalam menjaga hati. Menjaga hati bisa dilakukan dengan memulai pola makanan yang benar. Lalu apa saja makanan yang baik untuk hati? Berikut dilansir dari Boldsky.

Baca juga: Menilik 5 Manfaat yang Didapat dari Buah Nanas

1. Sayuran Hijau Berdaun Gelap

Ilustrasi (Pixabay)

Kubis dan kecambah mengandung sulfur tingkat tinggi, yang dapat membantu detoksifikasi hati, menghilangkan radikal bebas, dan bahan kimia beracun lainnya. Sayuran berdaun hijau gelap merangsang hati dan kantong empedu untuk melepaskan empedu, yang membantu pencernaan dan penyerapan lemak.

2. Biji dan Kacang Kecambah

Mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-biji kecambah memicu energi dalam tubuh, karena mereka kaya dengan protein dan enzim yang bertindak sebagai katalis untuk semua fungsi tubuh. Konsumsilah biji kecambah dan kacang-kacangan lebih sering untuk mencegah infeksi hati.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat anti-inflamasi dan sifat anti-bakteri yang ketika dikonsumsi diketahui sangat baik untuk hati. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang mendukung detoksifikasi hati dan membantu hati untuk menyingkirkan bahan tambahan makanan tertentu dan bahan kimia yang keras.

4. Anggur

Anggur merah dan ungu mengandung beragam senyawa tanaman yang bermanfaat bagi hati. Mengkonsumsi anggur dan jus anggur dapat bermanfaat bagi hati, termasuk menurunkan peradangan, mencegah kerusakan, dan meningkatkan antioksidan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pepaya, Salah Satunya Bisa Cegah Penyakit Jantung Lho

5. Kopi


Ilustrasi (Pixabay)

Siapa yang tahu kopi dapat meningkatkan kesehatan hati? Studi mencatat telah dan menunjukkan bahwa minum kopi melindungi hati dari berbagai penyakit dan menurunkan risiko kerusakan hati permanen dan penyakit hati kronis.

6. Buah beri

Buah beri mengandung antioksidan dan anthocyanin yang memberikan manfaat kesehatan. Mengonsumsi jus beri dapat membantu menjaga hati Anda tetap sehat dan juga dapat melindungi hati dari kerusakan. Makan beri tiga kali seminggu untuk mencegah infeksi hati.

7. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti makarel dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan di hati. Mereka mencegah penumpukan lemak dan menjaga tingkat enzim normal di hati dan meningkatkan resistensi insulin.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: