Forgot Password Register

Jangan Kelamaan! Ini Waktu Ideal untuk Tidur Siang

Jangan Kelamaan! Ini Waktu Ideal untuk Tidur Siang Ilustrasi tidur siang. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebelumnya, tidur siang dianggap sebagai suatu tanda kemalasan seseorang. Namun, dalam satu dekade terakhir, para ahli justru menyarankan kita untuk tidur siang demi meningkatkan produktivitas.

Tidur siang diketahui dapat meningkatkan memori, kewaspadaan, memperbaiki mood, serta meningkatkan kreativitas. Tidur siang yang rutin dilakukan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardioviskular.

Namun, seringkali seseorang yang terbangun dari tidur siangnya merasa lemas atau merasa pusing. Hal ini bisa terjadi karena tidur siang tidak dilakukan terlalu lama. 

Baca juga: 5 Manfaat Tidur Siang yang Tak Banyak Orang Sadari

Melansir Vemale.com, Sabtu (10/11/2018), ahli kesehatan menyarankan waktu untuk tidur siang terbaik adalah 10-20 menit. Waktu ini dapat membuat stamina kembali segar. Waktu ini juga dianggap bisa me-reboot tubuh anda agar kembali segar dan mendukung kesehatan mental anda.

Menurut penelitian, siklus tidur di siang hari di antaranya tidur lebih lama dari 60 menit dapat meningkatkan kognitif, lebih dari 90 menit masuk dalam periode siklus tidur penuh yang membantu meningkatkan kreativitas, memperbaiki memori bagian emosional dan prosedural.

Namun, jika masih melakukan aktivitas, usahakan untuk tidak tidur siang lebih dari 20 menit.

Tips lain untuk mendapatkan manfaat besar dari tidur siang adalah konsisten dengan jadwal setiap hari. Dengan tidur pada jadwal yang tetap, tubuh akan mengenali kapan untuk mengurangi energi sehingga kita dapat tidur siang dengan cepat dan tidak pusing setelah bangun.

Baca juga: Sulit Berkonsentrasi? Cobalah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Share :
Komentar :

Terkait

Read More