Forgot Password Register

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Pepaya, Ini Aturannya!

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mengonsumsi buah pepaya ternyata tidak selalu berdampak baik. Buah yang kaya akan serat ini bisa juga berbahaya jika dikonsumsi pada saat kondisi tertentu.

Pepaya mengandung 43 kalori, 7% vitamin C, 10% folat dari setiap per 100 gramnya. Selain itu pepaya juga memiliki antioksidan yang baik sebagai penangkal radikal bebas.

Baca juga: Jangan Masukkan Buah dan Sayuran Ini ke Dalam Kulkas

Nutrisi yang terkandung dalam pepaya tersebut memang dibutuhkan untuk tubuh. Namun dalam beberapa kondisi seseorang, pepaya sangat pantang dikonsumsi seperti yang dilansir dari boldsky, berikut ini:

Perempuan Hamil

Seorang perempuan yang sedang mengandung pantang untuk mengonsumsi pepaya mentah secara berlebihan karena bisa menyebabkan kelainan pada janin bahkan keguguran.

Kandungan latex yang terdapat pada pepaya mentah memicu terjadinya kontraksi pada uterus yang bisa berisiko pada keguguran.

Penderita Penyakit Pernafasan

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya merupakan alergan yang kuat dan bisa memperburuk gangguan pernafasan. Hindari mengonsumsi pepaya pada saat menderita demam, asma, atau gangguan pernafasan lainnya.

Gangguan Ginjal

Vitamin C pada pepaya memang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun pada sisi lain vitamin C yang berlebih bisa memperburuk sistem kerja ginjar dan berisiko terjadinya batu ginjal.

Baca juga: Jus Kurma Susu Suplemen Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui Saat Berpuasa

Permasalahan Pada Kulit

Pepaya ternyata bisa membuat terjadinya penyakit kulit Karotenemia. Penyakit Karotenemia merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi pepaya sehingga warna kulit pada telapak tangan menjadi kekuningan.

Pepaya berwarna oranye karena mengandung betakaroten, nutrisi dari keluarga karotenoid yang mengandung vitamin A.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More