Pantau Flash
Aldila Raih Emas Pertamanya di SEA Games 2019
Jalan Yos Sudarso Surabaya Kembali Bisa Dilalui Pejalan Kaki pada 2020
Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Kunciran-Serpong Siang Ini
Retno dan Prabowo Sambut Menhan-Menlu Australia di Bali
Sri Mulyani Klaim Negara Rugi Rp1,5 Miliar Akibat Ulah Eks Dirut Garuda

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Tahapan Besar Menuju Industrialisasi

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Tahapan Besar Menuju Industrialisasi Ma'ruf Amin dan Joko Widodo. (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan pembangunan infrastruktur yang digenjot oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) empat setengah tahun terakhir merupakan tahapan besar awal meningkatkan industrialisasi di dalam negeri.

Baca juga: Jokowi Tekankan Pentingnya Pemerataan untuk Pertumbuhan Ekonomi

Hal tersebut disampaikan Jokowi menanggapi pernyataan Prabowo yang menyebutkan Pemerintahan Jokowi-JK yang tidak fokus melakukan industrialisasi, dalam debat capres kelima yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam.

"Saya kira tidak semudah itu, artinya memerlukan tahapan-tahapan besar. Ini yang sedang kita kerjakan. Infrastruktur yang kita bangun akan terhubung dengan kawasan industri, kawasan pariwisata. Tidak mungkin bisa langsung bangun terus ekspor. Perlu tahapan-tahapan besar," ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan adapun tahapan-tahapan besar yang dilakukan pemerintah yaitu pertama pembangunan infrastruktur, kedua pembangunan sumber daya manusia (SDM), ketiga reformasi struktural, dan keempat teknologi.

Baca juga: Ma'ruf Amin Perkenalkan 'Dewi-Dedi' untuk Pemberdayaan Kaum Ibu

Jokowi juga menuturkan mengelola ekonomi makro itu berbeda dengan ekonomi mikro karena ekonomi makro itu merupakan agregat produksi baik dari sisi permintaan dan penawaran dan dijaga oleh kebijakan-kebijakan pemerintah.

"Kalau kita berhadapan dengan ekonomi mikro itu hanya jual dan beli. Ekonomi makro kita mengelola agregat-agregat produksi baik di sektor pertambangan, pertanian, perkebunan, dan manufaktur," kata Jokowi.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Nasional

Berita Terkait: