Forgot Password Register

Kadin Sebut Tujuan Pembangunan Infrastruktur Belum Optimal, Nah Lho?

Kadin Sebut Tujuan Pembangunan Infrastruktur Belum Optimal, Nah Lho? Pembangunan jalan tol (Foto: Instagram/Jokowi)

Pantau.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai infrastruktur saat ini kurang produktif. Pasalnya gencarnya pembangunan infrastruktur tidak dibarengi dengan perkembangan di bidang industri. 

Ketua Divisi Industrial Kadin Indonesia, Achmad Wijaya mengatakan hal ini mengakibatkan infrastruktur rampung namun tujuan memudahkan logistik belum optimal karena barang tak ada. 

"Pemerintah sekarang fokus di infrastruktur, sayangnya tidak diparalel sama industrialisasi sehingga sekarang tolnya sudah jadi, barangnya kagak ada, kan jadi kurang produktivitas di industri," ujarnya saat ditemui di kantor Bappenas, Jl Suropati, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Bappenas Angkat Bicara Soal Kritikan Jalan Tol yang Berlanjut

Ditambah lagi kata dia, kondisi bahan baku yang masih bergantung pada barang impor disertai dengan sentimen penguatan dolar tahun lalu membuat industri menjadi tak produktif. 

"Karena bahan baku banyak yang impor, apalagi dengan dollar yang kondisinya  tidak menentu akhirnya kitanya produksi juga terganggu," katanya. 

Disamping itu kata dia, memang benar pemerintah memberikan infrastruktur yang lebih baik, logistik yang lebih baik, namun tetap harus disinergikan dengan industri.

Baca juga: Wajib Tahu Gengs! Laporan Pajak Sekarang Harus Gunakan e-Filing, Buruan Register

"Di dalam industrialisasi mereka harus perhatikan sektor-sektor industri dari hulu, intermediate, sampai hilir, yang terintegrasi Itu PR-nya Menko (Kementerian Koordinator)," katanya. 

"Menko harusnya koordinir dengan lebih detil lagi ya, dengan kondisi-kondisi kita yang sudah punya infrastruktur yang baik, tapi domain-domaim industri sama perdagangannya belum menyatu," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More