Forgot Password Register

Kebiasaan Sepele Ini yang Sebabkan Perut Buncit

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Perut buncit memang sangat mengganggu penampilan. Gaya berpakaian pun menjadi kurang maksimal jika kamu memiliki perut yang buncit seperti orang hamil. Kamu pasti sering mengeluh tentang perut yang kian membuncit, namun sadarkah kamu ternyata salah satu penyebab munculnya lemak-lemak diperut itu dikarenakan kebiasan yang kamu lakukan setiap hari. Apa saja kebiasaan itu, berikut penjelasannya.

1. Makan larut malam

Kesibukan sehari-hari sering membuat jadwal makan kamu menjadi berantakan. Hingga pada akhir kegiatan dan dalam kondisi lapar kamu makan di malam hari dalam porsi yang banyak. Tapi tahukah kamu bahwa melakukan makan larut malam merupakan kegiatan yang paling rentan menyebabkan lemak diperut kamu bertambah.

Baca juga: Mau Badan Tetap Segar saat Puasa? Konsumsi 5 Buah Ini

2. Jumlah porsi makan yang bertambah ketika suasana hati sedang buruk

Suasana hati memang dapat mempengaruhi jumlah porsi makan seseorang, terutama bagi perempuan. Seiring meningkatnya emosi pada seseorang, maka tidak dipungkiri bahwa orang tersebut akan mengalihkan perasaan buruknya kedalam jumlah porsi atau jenis makanan yang ia inginkan. Contoh, orang yang stres akan lebih memilih untuk memakan makanan cepat saji (junk food) seperti burger, kentang goreng, fried chiken dan sebagainya, yang jelas-jelas tidak baik bagi kesehatan.

3. Makan dengan piring besar

Tanpa disadari kebiasaan makan dengan menggunakan piring besar akan berpengaruh pada jumlah porsi makan yang kamu ambil. Dengan begitu makanan yang masuk ke dalam perut kamu pun akan semakin banyak.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan yang Baik untuk Sahur dan Buka Puasa

4. Pola tidur yang tidak teratur

Durasi tidur ideal untuk orang dewasa adalah 8 hingga 9 jam perhari. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan alur metabolisme tubuh. Namun terkadang ketika sedang stres kamu menjadi sulit untuk tidur. Untuk mengatasinya, yang kamu lakukan adalah dengan memakan makanan manis seperti biskuit, susu atau sejenisnya untuk mendapatkan rasa nyaman. Mengkonsumsi makanan manis inilah yang dapat menyebabkan peningkatan kadar lemak perut menjadi dua kali lebih besar.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More