Forgot Password Register

Kembali Dibuka, Kemkominfo Beri Persyaratan untuk Manajemen Tik Tok

Kembali Dibuka, Kemkominfo Beri Persyaratan untuk Manajemen Tik Tok Tik Tok (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA), Kermenterian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa aplikasi Tik Tok telah kembali dibuka.

Setelah sebelumnya sempat diblokir dan menjadi kontroversi, akhirnya aplikasi yang sempat menghebohkan ini kembali bisa digunakan.

"Per tadi siang, kita sudah melakukan normalisasi. Paling tidak nanti malam sudah bisa diakses semua operator atau penyelenggara layanan internet," kata Samuel, ditemui di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Kritik 'Pedas' Kemal Palevi untuk Menkominfo Soal Pemblokiran Tik Tok

Ia menyampaikan, sejak diblokir pada 3 Juli lalu, pihak manajemen Tik Tok merespon segala aturan yang diminta oleh pemerintah Indonesia. Yang paling utama adalah membersihkan seluruh konten negatif.

"Tik Tok sudah membersihkan konteen-konten negatif dan melakukan standar baru untuk di Indonesia," jelasnya.

Standar baru yang dimaksud adalah, pihak Tik Tok menambahkan fitur tombol report yang berfungsi melaporkan bila ada konten-konten yang dianggap negatif.

"Mereka akan buat tombol khusus untuk pelaporan dan mereka minta waktu untuk hal itu. Karena itu termasuk hal teknis," ungkap Samuel.

Baca juga: KPAI Minta Tik Tok Lebih Ramah Anak

Samuel juga mengungkapkan, Tik Tok berkomitmen membentuk badan usaha legal berbentuk PT dan merekrut sumber daya dari Indonesia. 

"Saya meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi konten-konten di Tik Tok," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More