Pantau Flash
Anggaran Pembangunan Perkeretaapian di Ibu Kota Baru Mencapai Rp209,6 T
PB Djarum Fokus Cetak Tunggal Putra
Erupsi Gunung Merapi Masih Akan Terus Terjadi
Tol Japek Elevated Dioperasionalkan Fungsional saat Libur Natal-Tahun Baru
Iwan Bule: Shin Tae-yong Salah Satu Pelatih Berprestasi di Dunia

Komite Boeing Diharapkan Buat Rekomendasi Keselamatan Minggu Ini

Headline
Komite Boeing Diharapkan Buat Rekomendasi Keselamatan Minggu Ini Pesawat Grounded Boeing 737 MAX terlihat diparkir (Foto: Reuters/Lindsey Wasson)

Pantau.com - Sebuah komite kecil dari dewan Boeing diharapkan untuk memberikan rekomendasi keselamatan kepada dewan penuh minggu ini, menurut sumber yang memiliki pengetahuan tentang situasi tersebut. 

Komite itu diharapkan menyerukan perubahan pada struktur perusahaan, termasuk pembentukan kelompok-kelompok baru yang berfokus pada keselamatan dan mendesak perusahaan untuk melakukan perubahan pada kokpit pesawat untuk mengakomodasi pilot baru yang mungkin memiliki lebih sedikit pelatihan, kata sumber itu.

Baca juga: Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak

Rekomendasi pertama kali dilaporkan oleh New York Times.

Rekomendasi keselamatan datang setelah dua kecelakaan Boeing 737 Max, yang menewaskan 346 orang dan menyebabkan landasan jenis pesawat di seluruh dunia.

Panel ini tidak menyelidiki proses internal untuk Boeing 737 Max secara khusus tetapi sebaliknya ini lebih merupakan pandangan keseluruhan pada proses internal perusahaan untuk membangun pesawat, dengan tujuan mencoba memperbaikinya.

Baca juga: Bertemu MbS, Jokowi Bahas Kerja Sama Pertamina dan Saudi Aramco

Komite akan merekomendasikan bahwa insinyur Boeing (BA) pertama-tama melaporkan masalah keselamatan, yang dapat memperlambat pengembangan, kepada chief engineer dan kemudian kepada para pemimpin bisnis. Di bawah struktur Boeing saat ini, kekhawatiran pertama kali dilaporkan kepada para pemimpin bisnis yang menghadapi tenggat waktu produksi dan berpotensi memiliki konflik kepentingan dalam penundaan, kata sumber itu.

Grup keselamatan baru akan bekerja untuk memastikan semua orang berbagi keprihatinan secara efektif di seluruh perusahaan, kata sumber itu, dan komite permanen baru akan dibentuk dengan fokus pada keselamatan.

Sejauh ini, Boeing tidak memberikan komentar mengenai rekomendasi komite.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: