Forgot Password Register

Makan Ikan Tingkatkan Jumlah Kolesterol?

Makan Ikan Tingkatkan Jumlah Kolesterol? Ikan (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi ikan berlemak empat kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Zee News, temuan tersebut menunjukkan bahwa lemak ikan dapat meningkatkan ukuran dan komposisi lipid pada partikel High-Density Lipoprotein (HDL), atau yang dikenal sebagai kolesterol baik, pada orang yang memiliki gangguan metabolisme glukosa.

Selain itu, mengonsumsi 30 mililiter minyak camelina, yang kaya akan kandungan asam Alpha-linolenic, yang termasuk dalam asam lemak Omega-3, dipercayai dapat menurunkan jumlah partikel Intermediate-Density Lipoprotein (IDL).

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Kita Rutin Mengonsumsi 2 Buah Pisang Setiap Hari?

IDL merupakan bentuk awal dari Low-Density Lipoprotein (LDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Penelitian sebelumnya menunjukkan, asam lemak Omega-3 pada ikan berefek cukup baik pada ukuran dan komposisi Lipoprotein.

Menurut penelitian dari University of Eastern, Finlandia, perubahan pada ukuran dan komposisi Lipoprotein ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Hasil penelitian terkait hal tersebut telah dimuat di jurnal kesehatan, Nutrition and Food Research. Pada kajian ilmiah tersebut, para peneliti melakukan pengamatan terhadap 100 orang Finlandia baik laki-laki dan perempuan di rentang usia 40 sampai 72 tahun, yang mengalami gangguan metabolisme glukosa.

Baca juga: Sering Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan, 3 Bumbu Dapur Ini Banyak Manfaatnya Lho..

Peserta lalu dibagi secara acak menjadi empat kelompok, dan dilakukan pengamatan selama 12 minggu. Kelompok pertama, diberi asupan minyak camelina. Kelompok kedua, diberi asupan lemak ikan. Kelompok ketiga, diberi asupan tambahan ikan tanpa lemak. Dan kelompok keempat, tidak diberi asupan tambahan.

Hasilnya, kelompok pertama dan kedua menunjukkan mereka memiliki tingkat kolesterol HDL yang tinggi dan tingkat kolesterol IDL yang rendah. Sedangkan kelompok ketiga dan keempat, tidak mengalami perubahan dalam hal ukuran dan komposisi partikel Lipoprotein.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More