Forgot Password Register

Lagunya Dijiplak Anak Iis Dahlia, Fiersa Besari Tak Ingin Kepedean

Fiersa Besari (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Fiersa Besari (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Ramai dikabarkan putra dari pedangdut Iis Dahlia, Devano Danendra menjiplak lagu 'April' Fiersa Besari dalam lagu terbarunya yang berjudul 'Menyimpan Rasa', ternyata enggan dipermasalahkan lebih jauh oleh Fiersa yang ogah dibilang 'kepedean'.

"Saya waktu dari awal bilang takutnya saya yang kepedean, saya persilakan kawan-kawan saja yang dengerin. Tapi orang-orang banyak yang berkata bahwa itu mirip, bagi saya sih itu bukan masalah juga," ujar Fiersa saat ditemui usai tampil di Synchronize Fest 2018, Sabtu, (6/10/2018) dini hari.

Hanya karena banyak yang berpendapat kedua lagu itu serupa, Fiersa enggan langsung menjudge kedua lagu sama persis, maka jika 'iya' yang terjadi adalah penjiplakan, namun kenyataannya hanya beberapa not nada saja yang ia akui ada kesamaan.

"Ini kan ada teknik modifikasinya yang dari awal saya bilang nggak pede bilang itu mirip, cuma banyak yang bilang itu mirip," tuturnya.

"Kalau berapa not iya (sama), tapi ya dengerin sisanya. Mungkin bisa didengerin dan berpendapat sendiri," lanjutnya.

Baca juga: Fiersa Besari Bikin 'Baper' Penonton Synchronize Fest 2018

Selain itu, sebagai musisi yang juga seorang penulis buku, Fiersa mengibaratkan perkaranya dengan Defano seperti masalah yang juga pernah membelit sastrawan idolanya Chairil Anwar yang diceritakan Fiersa juga pernah melakukan penjiplakan.

"Chairil Anwar dulu pernah meniru puisi, saya lupa seorang sastrawan dari Amerika. Lalu Chairil Anwar buat dengan ahli bahasa jadi puisi yang sangat terkenal namanya dari Karawang Bekasi. Ketahuan sama sahabatnya H.B Yasin, H.B Yasin bilang (menjiplak), Chairil enggak terima mereka adu jotos,"

"Chairil kesal, lalu Chairil ngadu ke Mochtar Lubis. Lalu Mochtar Lubis bilanglah, 'emang kamu niru kok'. Lalu dengan pedenya Chairil bilang, 'aku memang niru, tapi aku bikin itu lebih bagus'," ceritanya.

Baca juga: Devano Danendra Dihujat Karena Lagu Plagiat, Iis Dahlia: Gue Parangin Lu Semua!

Dari kisah inspiratif idolanya itulah ia tak memperkarakan lebih jauh, terlebih hingga lapor polisi. Karena baginya ia tetap yakin dengan hasil karyanya akan  besar karena 'rasa' dan kualitas, bukan karena sensasi.

"Ini cuma gesekan-gesekan kecil yang enggak perlu dipikirin. Kalau warganet nganggap itu besar, saya malah tiap hari ngecek google berharap berita itu hilang," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More