Pantau Flash
Voli Pantai Indonesia Melaju ke Semifinal Turnamen World Beach Games
KPK OTT Bupati Indramayu
PDIP Pasrahkan Kabinet ke Jokowi
AICHR Desak Diterapkannya Perjanjian ASEAN Soal Kabut Asap Lintas Batas
Tol Langit Diprediksi Tingkatkan Ekonomi Digital Indonesia Timur

Langkah Persija Terhenti di Tangan Newcastle Jets

Langkah Persija Terhenti di Tangan Newcastle Jets Riko Simanjuntak. (Foto: AFC)

Pantau.com - Persija Jakarta gagal melaju ke kualifikasi ketiga Liga Champions Asia 2019. Tim besutan Ivan Kolev ini harus menyerah 2-1 dari Newcastle Jets (Australia) pada pertandingan yang berlangsung di McDoland Jones Stadium, Selasa (12/2/2019).

Dengan kekalahan ini, Persija otomatis akan berlaga di ajang AFC Cup 2019. Macan Kemayoran akan tergabung di Grup G bersama Ceres-Negros (Filipina), Becamex Binh Durong (Vietnam), serta Shan United (Myanmar).

Newcastle memang langsung mengambil inisiatif menyerang di awal babak pertama. Dimi Petratos mencoba peruntungannya lewat tendangan bebas di menit 9. Sayang, sepakannya masih belum mengarah ke gawang.

Baca Juga: Marko Simic Dituduh Lakukan Pemerkosaan Jelang Persija Kontra Newcastle Jets

Berselang enam menit, giliran Persija yang mencoba membongkar pertahanan tuan rumah. Riko Simanjuntak mengarahkan bola ke jantung pertahanan Newcastle namun gagal dituntaskan oleh Marko Simic.

Newcastle terus mengurung pertahanan Persija di babak pertama kali ini. Beberapa kali Petratos mampu menebar ancaman ke barisan bertahan Macan Kemayoran. Beruntung skor masih tetap 0-0 hingga menit 40.

Di pengujung babak pertama, Persija mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Diawali pergerakan Riko dari sisi kanan, memberikan umpan ke kotak penalti. Simic yang tengah mendapat kawalan mencoba mengambil bola tersebut dengan tendangan saltonya namun bolanya masih jauh di atas gawang. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Selepas turun minum, tuan rumah akhirnya sukses memecahkan kebuntuan tepatnya pada menit 49. Adalah Ronald Vargas yang sukses mencatatkan namanya setelah berhasil memanfaatkan umpan tarik Donovan dari sisi kanan. Skor sementara 1-0 untuk Newcastle.

Unggul satu gol membuat Newcastle semakin bernafsu untuk menggempur barisan bertahan Persija. Johny Koutroumbis melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit 66 namun masih melambung jauh di atas mistar gawang Macan Kemayoran.

Tidak ingin terus tertekan, Persija mencoba memberikan perlawanan. Simic hampir menyamakan kedudukan di menit 71 setelah memanfaatkan tembakan penjuru. Sayang, sundulannya tersebut mamu diamankan oleh Ben Kantarovski sehingga hanya menghasilkan tembakan sudut.

Riko pun mengambil tendangan penjuru tersebut. Pemain mungil ini mengarahkan bola ke kotak penalti yang sukses disambar oleh Ramdani Lestaluhu untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Selepas Persija berhasil menyamakan kedudukan, kedua tim mulai menampilkan permainan terbuka. Namun, hingga 90 menit, skor 1-1 tetap bertahan sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Persija mencoba langsung mengambil alih permainan. Serangan balik cepat dilancarkan Riko yang menyisir sisi kanan. Mantan pemain Semen Padang ini melepaskan umpan tarik ke kotak penalti namun gagal dimanfaatkan Novri Setiawan di menit 95.

Enam menit berselang, Newcastle justru mampu mencetak gol. Berawal dari tendangan penjuru, bola disundul oleh salah satu pemain tuan rumah yang sukses dituntaskan oleh Nigel Boogaard. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.  

Persija masih mencoba untuk mengejar ketertinggalan mereka di babak kedua perpanjangan waktu. Sayang, rapatnya lini belekang Newcastle membuat para pemain Macan Kemayoran kesulitan untuk bisa mencetak gol.

Di pengujung laga, justru Newcastle yang mampu mencetak gol untuk memperbesar keunggulan mereka . Melalui tendangan bebas Nicholas Cowburn, Matthew Ridenton sukses menanduk datangnya bola. Skor akhir 3-1 untuk tuan rumah.

Susunan Pemain:

Newcastle Jets: Gleen Moss: Nigel Boogaard, Nikolai Topor-Stanley, Daniel Georgievski, Johnny Koutroumbis; Ronald Vargas (Matthew Ridenton 79’), Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic; Roy O’Donovan (Lachlan Jackson 113’), Dimi Petratos (Nicholas Cowburn 105’), Kaine Sheppard (Angus Thurgate 82’).

Persija Jakarta: Andrytani Ardhiyasa: Ismed Sofyan, Ruji Utomo, Maman Abdurahman, Dany Saputra (Ftira Ridwan 78’); Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute (Steptianus Alua 100’), Yan Pieter Nasadit (Tony Sucipto 40’), Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alberto Goncalves (Novri Setiawan 70’).

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: