Forgot Password Register

Lebih Baik Cuci Tangan dengan Sabun atau Hand Sanitizer?

Lebih Baik Cuci Tangan dengan Sabun atau Hand Sanitizer? ilustrasi cuci tangan (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebagian orang mungkin bingung harus memilih mencuci tangan dengan air dan sabun atau cukup hanya menggunakan hand sanitizer.

Ternyata keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Hand sanitizer dengan kandungan antiseptiknya dapat membersihkan kuman, sedangkan sabun dengan air mengalirnya juga tak kalah membersihkan tangan.

Namun Dr Eni Gustina Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan RI menyebut sabun dengan air mengalir lah yang terbaik.

"Gunakan sabun dengan air yang mengalir. Kalau enggak ada, pakai tisu basah yang mengandung antiseptik. Itu juga bisa digunakan walau tidak semaksimal dengan cuci tangan di air bersih yang mengalir," ujar Eni di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 15 Oktober 2018.

Baca juga: Setelah Cuci Tangan lebih Baik Keringkan dengan Tisu atau Hand Dryer?

Dokter Kuncoro juga menyoroti air saja tidak cukup untuk membersihkan kuman. Ia menyebut kandungan antiseptik pada sabun lah yang dibutuhkan untuk membunuh kuman.

"Saya sendiri meyakini orang mau operasi pun pakai sabun, setelah itu ending-nya dengan air mengalir. Saya katakan penularan tertingginya untuk penyakit infeksi ada di tangan," jelas Kuncoro.

Baca juga: Benarkah Menggunakan Sabun Batangan Bersama Bisa Tularkan Penyakit?

Sementara itu, Arya Bahupringga, Head of Marketing Skln Cleansing & Baby Care PT Unilever Indonesia menjelaskan mengapa perusahaannya akhirnya merilis sabun khusus pencuci tangan, tak lain agar penempatan dan perbedaanya lebih mudah digunakan, meski memiliki fungsi yang sama.

"Kita rekomendasi pakai sabun. Kalau di rumah ada sabun batang, pakai lah itu. Namun sabun cair pencuci tangan lebih praktis, agar lebih mudah ditempatkan di wastafel," tutup Arya 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More