Forgot Password Register

Menko Darmin Klaim Tren Pelemahan Rupiah Akan Segera Berakhir

Menko Darmin Klaim Tren Pelemahan Rupiah Akan Segera Berakhir Uang Rupiah. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Menteri Perekonomian Darmin Nasution menanggapi pelemahan rupiah terhadap dolar. Menurutnya, pelemahan tidak akan berlanjut dan akan kembali normal.

"Dolar sudah lebih tenang, memang kemarin itu minggu lalu memang Presiden AS pakai Twitter mulai menuduh lagi beberapa negara manipulator kurs, sehingga pasar mulai bergerak," ujarnya saat ditemui di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

"Tapi mestinya dasarnya tidak cukup untuk berlanjut, sehingga itu mestinya akan reda, meski memang pasar kelihatannya agak volatile (bergejolak)," imbuhnya.

Baca juga: DPR Petakan 4 Dampak Pelemahan Rupiah Diberbagai Sektor

Ia menilai sebenarnya fundamental kurs rupiah berada di angka Rp13.500-Rp.13.600. Ia menilai situasi juga akan berpengaruh pada fundamental kurs, namun dinilainya tidak ada yang signifikan.

"Kalau situasi kemudian dipicu oleh omongan macam-macam, bisa saja dia bergerak sedikit ke sana dan ke sini. Tapi setidaknya tidak ada hal yang membuat dia berubah secara signifikan," ungkapnya.

Baca juga: Tren Pelemahan Rupiah Berlanjut, BI Diminta Hati-hati Lakukan Intervensi Pasar

Stabilisasi rupiah kata Darmin, harus dilakukan oleh Bank Indonesia. Ia menambahkan, pemerintah tidak bisa menangani kondisi pelemahan rupiah secara langsung. 

"Pemerintah untuk jangka pendek itu tidak ada yang langsung, selalu pemerintah menyehatkan fundamental ekonomi, itu fungsinya dalam stabilisasi kurs," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More