Forgot Password Register

Minuman Bersoda Berisiko Sebabkan Sulit Hamil

Ilustrasi minuman bersoda. (Foto: Pixabay) Ilustrasi minuman bersoda. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Minuman berkarbonasi atau dikenal dengan minuman bersoda tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah penelitian mengungkapkan kebiasaan minum minuman bersoda ternyata dapat mempengaruhi kesuburan.

Dilansir dari Zeenews, baik perempuan atau laki-laki yang mengonsumsi minuman soda secara berlebihan bisa berpengaruh terhadap fekunditas atau mengurangi kemampuan reproduksi sebesar 20 persen. Jika seorang perempuan secara rutin mengonsumsi satu botol minuman soda setiap hari berisiko mengalami fekunditas 25 persen sementara laki-laki 33 persen.

"Kami menemukan hubungan positif antara asupan minuman soda bergula dan kesuburan yang rendah. Ini konsisten setelah mengendalikan banyak faktor lain termasuk obesitas, asupan kafein, alkohol, merokok, dan kualitas makanan secara keseluruhan," kata pemimpin penelitian, Elizabeth Hatch seorang lrofesor di Boston University School of Public Health (BUSPH).

Baca juga: Rahasia Manfaat Kedelai. dari Kesehatan Kulit hingga Mengurangi Risiko Kanker

Studi ini, berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti, dari 3.828 perempuan berusia 21 tahun - 45 tahun yang tinggal di Amerika Serikat dan Kanada serta meneliti 1.045 pasangan laki-laki mereka.

Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya untuk berhenti mengonsumsi monuman bersoda. Namun tak hanya soda, minuman berenergi justru akan menurunkan tingkat kesuburan jauh lebih besar.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More