Pantau Flash
Setelah Ahok, Kini Giliran Mantan Komisioner KPK Temui Erick Thohir
Indra Sjafri Coret Empat Pemain Timnas U-22
Tersangka Serangan Bomber di Polrestabes Medan Bertambah, Jadi 23 Orang
Tumbangkan Moekoena, Daud Yordan Juara Dunia Kelas Ringan
Dua Orang Terduga Teroris Ditangkap di Medan

NasDem Telah Siapkan Kriteria Capres 2024

Headline
NasDem Telah Siapkan Kriteria Capres 2024 Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Partai NasDem telah menyiapkan kriteria calon presiden yang akan diusung di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Meski begitu, Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan, partainya belum menyiapkan nama yang akan diusung.

"Kriteria pertama, elektabilitasnya tinggi karena kalau tinggi maka dia didukung rakyat," kata Irma di sela-sela Kongres Ke-8 Partai NasDem di JI Expo, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Kriteria kedua menurut dia, calon yang akan diusung partainya harus memiliki kapasitas, kapabilitas, dan akuntabilitas. Dia mengatakan, akuntabilitas itu terkait moral seorang yang akan dicalonkan partainya.

Baca juga: Tegas! Jangan Curiga-curiga NasDem Mesra dengan Oposisi

Menurut dia, partainya sudah melihat-lihat siapa saja sosok yang bisa ikut kontestasi Pilpres 2024, namun masih terlalu jauh kalau memutuskan calon tersebut saat ini.

"Semua parpol pasti punya frame dan agenda untuk Pemilu 2024, namun politik itu kan dinamis dan selalu berubah tergantung situasinya, situasinya hari ini seperti apa, maka parpol ikuti perubahan tersebut," ujarnya.

Irma membantah kehadiran tiga gubernur dalam Kongres NasDem sebagai langkah awal pemetaan politik untuk Pilpres 2024, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dia menerangkan, Anies diundang NasDem karena lokasi Kongres di Jakarta dan yang bersangkutan merupakan Gubernur DKI Jakarta sehingga wajar pihaknya mengundang untuk memberikan sambutan.

Baca juga: Diundang ke Kongres, Anies Disebut Makin Kuat Diusung NasDem Pilpres 2024

"Itu bagian dari penghormatan karena kita ingin membangun yang namanya partai role model kedepan. Jangan kemudian kita berseberangan terus kita harus kelihatan berperang, tidak begitu," tuturnya.

Menurut dia, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pernah menyampaikan kepada Anies bahwa kinerja yang dilakukan sebagai Gubernur DKI Jakarta baru 50 persen.

Karena itu menurut dia, Surya Paloh berharap agar Anies segera meningkatkan kinerjanya menjadi 60 persen, 70 persen, dan diakhir periodenya mencapai 80 persen.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Nasional

Berita Terkait: