Forgot Password Register

Headlines

Ngeluh Gaji Kecil? Cek Upah Pekerja di Negara Ini

Sejumlah buruh berpakaian kebaya saat bekerja. (Foto: Antara/Yusuf Nugroho) Sejumlah buruh berpakaian kebaya saat bekerja. (Foto: Antara/Yusuf Nugroho)

Pantau.com - Tepat diperingatan May Day atau hari buruh, banyak buruh di dunia memuntut sejumlah kenaikan gaji hingga tunjanganan tambahan. Hal itu juga terjadi di Indonesia tentunya. Tetapi perlu dicatat ternyata ada beberapa negara yang nilai upah minimumnya lebih rendah dari Indonesia.

1. Mali

Dengan jumlah penduduk kurang lebih 14,5 juta, kegiatan perekonomian yang paling besar di Mali adalah pertanian dan perikanan. Meskipun Mali termasuk negara dengan sumber daya alam seperti emas dan garam yang melimpah tetapi tidak membuat pekerja disana dapat upah tinggi. Rata-rata gaji pekerja di Mali adalah sebesar USD1.137  per tahun atau sekitar Rp 1.222.000 per bulan.

Baca juga: Yuk Panen Jutaan Rupiah dari Event Asian Games

2. Guinea

Meskipun memiliki kekayan alam berupa emas dan berlian yang melimpah, nasib negara ini hampir mirip Mali. Kekayan alam itu belum bisa memakmurkan penduduknya. Sebanyak 10,5 juta jiwa dan 80 persen dari jumlah penduduk tersebut memilih untuk bekerja sebagai petani. Ibukota negara ini bernama Conakry.

Guinea juga merupakan produsen bauksit terbesar kedua. Rata-rata gaji bagi pekerja di Guinea adalah  USD1.102per tahun atau sekitar Rp1.183.000 per bulan. Lebih parahnya lagi, pengangguran anak-anak mudanya yang masih tinggi, menjadi masalah utama di negara ini, ditambah lagi dengan adanya virus Ebola beberapa tahun yang lalu yang membuat kehidupan di negara ini semakin sulit.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More