Forgot Password Register

Novanto Sebut Gamawan Fauzi Berperan Besar Atur Dana e-KTP

Novanto Sebut Gamawan Fauzi Berperan Besar Atur Dana e-KTP Terdakwa e-KTP Setya Novanto (Foto: Pantau.com / Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Terdakwa Korupsi e-KTP Setya Novanto menyebut mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berperan dalam perubahan mekanisme anggaran e-KTP.

Dalam menyampaikan pembelaannya (pledoi), Novanto bercerita bagaimana proyek e-KTP pada awalnya sumber pendanaan menggunakan Pinjaman Luar Negeri, tapi diubah kebijakannya oleh Gamawan Fauzi bersumber dari APBN Murni.

"Pada akhir November 2009 pemerintah usulkan pembiayaan yang artinya bersumber pinjaman luar negeri jadi APBN murni, usulan itu dilakukan oleh pemerintah melalui menteri dalam negeri Gamawan Fauzi," ujar Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Novanto mengatakan DPR bukanlah lembaga yang berperan besar terkait pengaturan pembiayaan proyek e-KTP. "Peran pemerintah melalui kementerian dalam negeri yang paling dominan khususnya dalam pembiayaan bukan di DPR," ungkap Novanto.

Baca juga: Bacakan Nota Pembelaan, Setya Novanto Minta Maaf

Karena proses perubahan sumber pendanaan itu, harus mendapat persetujuan DPR, maka selanjutnya  Kemendagri mengajukan perencanaan itu kepada DPR. Saat itulah, kata Novanto DPR hanya menjadi pihak yang menyetujui anggaran yang diajukan saja.

"Seluruh fakta bagaimana peranan pemerintah dalam proses perubahan penggangaran, sementara perannya DPR RI hanya memberikan persetujuan," ungkapnya.

Sekedar informasi, usai KPK menjatuhkan tuntutan 16 tahun penjara pada Kamis, 29 Maret 2018 lalu, Novanto langsung dijadwalkan menyampaikan pembelaannya sebelum menghadapi putusan Hakim selanjutnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More