Pantau Flash
Lahir dengan Koneksi Internet dan Medsos, Gen Z Waspadai Depresi
Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak
Jelang Setahun Gempa Sulteng, 216 Narapidana Belum Kembali
Lampu Tenaga Surya akan Terangi Wilayah Terpencil di Kalimantan Barat
Gelandang Persib: Tolong Hentikan Kekerasan Pada Sepakbola

Pak Dirut... Ini Lho Celotehan Netizen Selama Sebulan MRT Beroperasi

Pak Dirut... Ini Lho Celotehan Netizen Selama Sebulan MRT Beroperasi Penumpang uji coba kereta MRT Jakarta (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Penantian warga Jakarta selama 34 tahun terjawab semenjak MRT Jakarta resmi diluncurkan pada 24 Maret 2019 lalu. Antusiasme ini tentunya tak luput menjadi perbincangan tersendiri di media sosial akhir-akhir ini.

Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait MRT di media sosial sebanyak 238.700 buzz, sejak 1 Maret hingga 20 April 2019.

Dari perbincangan yang 90,2 persen berlangsung di Twitter ini, Isentia menemukan topik ‘Tarif MRT’ sebagai yang paling banyak dibahas oleh netizen.

"Kami menemukan netizen sangat antusias dalam men-share kembali daftar tarif resmi dari MRT. Selain itu, banyak pula netizen yang membahas dan bertanya satu sama lain, ‘gimana sih cara beli tiket MRT? Bisa tap pake kartu X kah?’, kurang lebih seperti itu," jelas Rendy Ezra, Insights Manger Isentia dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Miliki Energi Panas Bumi, Sri Mulyani: Indonesia Terbesar di Dunia

Masih terkait tarif, Bank DKI juga banyak di-mention di media sosial karena mendukung sistem pembayaran tiket dengan JakCard. Selain itu, topik mengenai 'Toilet Umum' juga ramai diperbincangkan. Meski banyak netizen memberikan respon positif terhadap fasilitas toilet yang memadai di dalam stasiun MRT, tak pelak ada juga yang menyinggung soal bau pesing di dalam kereta pada awal bulan April.

Baca juga: Ketinggalan Promo Pemilu? Tenang, Ada Diskon 50 Persen di May Day Nih

Soal penumpang MRT juga menjadi bahasan viral tersendiri bagi netizen. Dari total 2,222 buzz terkait penumpang MRT, 12.2 persen dari buzz tersebut mengeluhkan soal kelakuan warga yang ‘piknik di MRT’, diikuti dengan kelakuan yang ‘bikin elus dada’ sebanyak 3.2 persen, ‘lesehan’ 3.1 persen, (bikin) ‘malu’ 2.7 persen, serta kata ‘ndeso’ juga muncul sebesar 2.5 persen dari total buzz seputar penumpang MRT.

Untuk stasiun MRT yang paling banyak disebut di medsos, Bundaran HI dan Lebak Bulus, sebagai stasiun awal dan akhir, mendapatkan mention paling banyak, masing-masing sebesar 64.6 persen dan 17.2 persen dari total 8,826 buzz terkait.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: