Pantau Flash
Joko Driyono Jalani Sidang Vonis Kasus Perusakan Bukti Pengaturan Skor
Sampah Plastik di Jawa Barat Akan Disulap Jadi Biodiesel
Komisi III DPR Gelar Rapat Pleno Bahas Amnesti Baiq Nuril Hari Ini
Cristiano Ronaldo Bebas dari Dakwaan Kasus Pemerkosaan
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan

Pak Enggar, Ketua DPR RI Berikan Saran untuk Stabilkan Harga Sembako

Headline
Pak Enggar, Ketua DPR RI Berikan Saran untuk Stabilkan Harga Sembako Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com/ Bagsakara Isdiansyah)

Pantau.com - Jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijiriah harga-harga kebutuhan pokok berpotensi mengalami kenaikkan. Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengambil langkah tegas dengan menyatakan beberapa sikapnya terhadap peristiwa tersebut.

Bamsoet meminta kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dinas Perdagangan untuk mengantisipasi kenaikan harga tersebut. Salah satunya dengan mengecek stok kebutuhan pokok saat ini.

"Salah satunya dengan melakukan pengecekan stok kebutuhan pokok di setiap daerah serta kesiapan produsen dan distributor untuk menghadapi permintaan yang meningkat saat menjelang lebaran," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: BI Siapkan Uang untuk Lebaran Rp217,1 Triliun, Terbanyak Wilayah Jawa

Selain itu, Bamsoet mengatakan bahwa pengawasan melalui inspeksi mendadak ke tempat-tempat stok bahan kebutuhan maupun ke pasar sangat dibutuhkan. Ia pun meminta kepada Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) segera bergerak.

"Mendorong Satgas Pangan bersama dengan Dinas Perdagangan untuk melakukan pengecekan ketersediaan kebutuhan pokok, baik di pasar tradisional ataupun swalayan, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat sekaligus melakukan pengecekan terhadap produk-produk kedaluwarsa ataupun barang impor tidak layak konsumsi yang ramai beredar saat menjelang lebaran," ungkapnya.

Baca juga: Penukaran Uang di Monas Resmi Dibuka, BI: Tukar di Tempat yang Aman

Lebih lanjut, Politisi Golkar itu menilai sebagai alternatif harga kebutuhan pokok agar tetap stabil perlu diadakan operasi pasar seacara berkala yang dilakukan oleh pemerintah.

"Mendorong Kemendag bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dinas Perdagangan untuk melakukan Operasi Pasar secara berkala sebagai upaya menstabilkan harga bahan pangan di pasaran," tandasnya.


Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Ekonomi

Berita Terkait: