Forgot Password Register

Headlines

PAN: Peran Mega di Pemilihan Cawapres Jokowi Bisa Jadi Bumerang

PAN: Peran Mega di Pemilihan Cawapres Jokowi Bisa Jadi Bumerang Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menilai peran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sangat berpengaruh dalam pemilihan nama cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019. 

Yandri menyebut, jika Jokowi terlalu mengikuti keinginan Megawati soal cawapres, ia memprediksi kekuatan bertarung pada pilpres tahun depan itu akan berkurang.

"Tapi saya lihat faktor Bu Mega sangat dilihat oleh Pak Jokowi (dalam menentukan cawapres). Siapa yang menjadi pendamping Jokowi. Nah untuk berikutnya apakah faktor Bu Mega ini selaras enggak dengan selera partai lain, Golkar, PKB, PPP, Hanura, dan NasDem," kata Yandri dalam sebuah diskusi di Jalan Veteran, Gambir, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Ditanya Soal Sosok Cawapres Jokowi, Ini Kata Jusuf Kalla

"Kalau misalkan cawapres yang ditentukan oleh Pak Jokowi dengan Bu Mega ini tidak selaras dan satu selera, maka saya memprediksi sebenarnya Pak Jokowi juga belum aman untuk berangkat sebagai paslon di Pilpres 2019," lanjutnya.

Menurut Yandri, jika Jokowi ngotot hanya mengikuti petuah dari Megawati, bukan tidak mungkin Jokowi bisa ditinggalkan partai-partai yang selama ini mendukungnya.

"Contoh kalau misalnya pasangan A yang diusung Bu Mega itu ternyata tidak bisa terima oleh NasDem dan Golkar ya artinya kekuatan Pak Jokowi akan berkurang," tuturnya.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Golkar Jika Airlangga Tak Dipilih Jokowi Sebagai Cawapres

Lebih lanjut, Anggota Komisi II di DPR RI itu menilai dari semua partai koalisi Jokowi, kemungkinan nantinya hanya PPP saja yang akan tak bisa lari kemana-mana.

"Menurut saya yang enggak bisa lari kemana-mana itu hanya PPP. Yang menurut saya ya Romi PPP tidak akan meninggalkan PDIP dan Jokowi," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More