Forgot Password Register

Headlines

Pemerintah Resmi Turunkan Tarif Batas Atas Maskapai Akhiri Tiket Mahal

Pemerintah Resmi Turunkan Tarif Batas Atas Maskapai Akhiri Tiket Mahal Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Pemerintah resmi menurunkan tarif batas atas 12 hingga 16 persen atau rata-rata 15 persen. Keputusan ini diambil melalui rapat terbatas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipimpin oleh Menko Perekonomian. 

Ratas tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Deputi Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk Sahala Lumban Gaol dan jajaran direksi Garuda. 

"Gak sama satu rute dengan yang lain, dan tidak perlu sama. Tapi memang rata-rata kita harapkan kita belum hitung persisnya (yang pasti) range 12 hingga 16, kita harapkan dekat di 15 persen," ujar Darmin saat jumpa pers usai ratas di kantornya, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Ditinggal 'Si Ibu Kota', Jakarta Hanya Kehilangan 1 Juta Penduduk

Menteri Perhubungan mengatakan keputusan tersebut ditargetkan dapat selesai dalam dua hari kedepan dan mulai berlaku 15 Mei 2019 mendatang melalui Permenhub nomor 72 tahun 2019.

"Pada maskapai LCC kami harap menyesuaikan tarif paling tidak memberikan ruang paling tidak, 50 persen dari TBA sehingga masyarakat dapat tarif terjangkau," terangnya. 

Baca juga: Agar Hemat Anggaran, Pemindahan Ibu Kota Bertahap Mulai Tahun 2024

"Kami akan mencoba sekuat tenaga sehingga dalam dua hari dapat selesai dan ditandatangan dan efektif," pungkasnya.

Sebelumnya, Darmin mencatat inflasi yang terjadi pada tarif angkutan penerbangan year on year (yoy) atau April tahun lalu hingga April  mencapai 30,7 persen sementara Maret 2019 April 2019 2,27 persen.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More