Pantau Flash
Sri Mulyani Klaim Kenaikan Cukai Rokok untuk Sebuah Keseimbangan
Jojo Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
Donald Trump Klaim AS Capai Kesepakatan Perdagangan dengan Jepang
Setelah Presiden World Bank, Kali Ini Presiden ADB Mengundurkan Diri
Ledakan Bom Tewaskan 24 Orang Dekat Kampanye Presiden Afghanistan Ashraf

Penasaran Soal Migas Indonesia? 5 Kampus Ini Sudah Miliki Migas Centre

Penasaran Soal Migas Indonesia? 5 Kampus Ini Sudah Miliki Migas Centre Petugas SKK Migas (Foto: humasskk/instagram)

Pantau.com - Banyak anak-anak saat ini tahu soal minyak gas hanya sebatas pengeboran saja. Padahal banyak informasi lho dari persoalan migas. 

Buat sobat Pantau yang ada di 5 perguruan tinggi ini pasti bisa sumringah nih. Pasalnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membangun Migas Centre pada lima perguruan tinggi di wilayah Sumatera bagian Utara.

"Kami membangun di Padang, Batam, Pekanbaru, Sumatera Utara, dan Aceh," kata Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (22/8/2019).

Baca juga: Begini Duka Lara Mencari Cadangan Migas Baru RI yang Bikin Nyesek

Di Sumatera Barat, Migas Centre didirikan di Universitas Andalas, Universitas Putra Batam di Kepri, Universitas Islam Riau di Riau, Universitas Sumatera Utara di USU, dan Universitas Syiah Kuala di Aceh.

Bertujuan agar sobat Pantau semuanya melek soal migas, Migas Centre menjadi sebagai tempat untuk menyosialisasikan teknis kerja pengelolaan minyak dan gas bumi kepada mahasiswa.

"Agar anak-anak didik di lingkungan mahasiswa memiliki wawasan lebih pada industri migas, agar gap antara pendidikan dan industri migas berkurang," katanya.

SKK Migas ingin menghadirkan komunitas minyak dan gas bumi di tingkat mahasiswa. Layaknya perpustakaan tapi enggak membuat kalian bosan, Migas Centre akan dilengkapi berbagai kebutuhan pembelajaran, seperti in focus, televisi, dan buku tentang migas.

Buat kalian yang memang serius di bidang migas ada tambahan nih, SKK Migas juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan di Migas Centre, dengan menghadirkan narasumber untuk kuliah umum atau diskusi setiap dua pekan sekali.

"Kegiatannya dinamis, ada kurikulum. Dalam 2 kali sebulan, kami mendatangkan praktisi migas untuk mencerahkan mahasiswa," kata dia.

Baca juga: Wow! Pertama Kalinya Produksi Kilang Balikpapan Diekspor ke Aljazair

Selain itu, Migas Centre juga dapat digunakan mahasiswa untuk kebutuhan lain, seperti oleh BEM dan organisasi mahasiswa lain.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Evi Yanti mengatakan pihaknya akan mengenalkan industri migas sejak awal tender hingga penutupan sumur kepada mahasiswa di Migas Centre.

"Karena 60 persen kegiatan migas itu sebenarnya nonteknis," kata dia.

Rencananya Migas Centre sudah berdiri pada November 2019 pada lima kampus yang sudah ditetapkan.

Ia mengatakan Migas Centre merupakan program yang dijalankan di wilayah Sumbagut, bekerja sama dengan KKKS yang beroperasi di sana. Selain wilayah Sumbagut, Migas Centre kini sudah berdiri di wilayah kerja Papua dan Maluku

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: