Forgot Password Register

Pesan Menteri Agama untuk Wanita Bercadar Pasca Aksi Teror

Pesan Menteri Agama untuk Wanita Bercadar Pasca Aksi Teror Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Pantau.com - Aksi terorisme yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo sempat dianggap menimbulkan kekhawatiran pada simbol-simbol agama, salah satunya pada cadar yang digunakan oleh sebagian perempuan muslim.

Menanggapi hal itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpesan agar muslimah yang menggunakan cadar dapat turut memberikan rasa aman. Ia juga dan meminta agar pengguna cadar dapat terbuka kepada lingkungan sekitar dengan turut berbaur dengan masyarakat.

"Bagi pengguna cadar agar betul-betul bisa memahami situasi dan lingkungannya, karena sebagian masyarakat kita ada keresahan dan kekhawatiran atau bahkan kecurigaan pada mereka yang menggunakan cadar," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Selasa malam (15/5/2018).

Baca juga: Sebelum Tewas Ditabrak Teroris, Ipda Auzar Baru Selesai Salat Dhuha

"Maka sudah tempatnya bagi mereka yang menggunakan cadar untuk memberikan rasa aman kepada lingkungannya, dengan berbagai cara menunjukkan dirinya bukanlah ancaman terkait dengan keselamatan keamanan dimana lingkungan dia berada," katanya.

Lukman menambahkan, ia juga meminta agar wanita muslimah kooperatif dengan masyarakat sekitar untuk menimbulkan rasa aman saat menggunakan cadar.

"Oleh karenanya, harus lebih kooperatif lebih terbuka harus lebih bisa membaur dengan lingkungan sehingga semua kita merasa aman meskipun pada sesama saudara kita yang menggunakan cadar," ucapnya.

Baca juga: Polri Soal Teror Mapolda Riau: Patut Dicurigai Pelaku Bagian Anggota JAD

Sehingga, kata Lukman, penggunaan cadar bukan menjadi alasan untuk menjadi risau di tengah masyarakat saat ini dan dapat menunjukkan sikap berbaur bersama masyarakat.

"Jadi penggunaan cadar bukanlah menjadi alasan bagi kita untuk merasa risau, merasa galau, merasa curiga bahkan khawatir oleh karenanya harapan itu sebaiknya ditunjukkan (sikap kooperatif)," ucapnya.

Sebelumnya, ia juga meminta agar masyarakat dapat menghormati penggunaan cadar oleh sebagian muslimah dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pada saudara-saudara kita yang menggunakan cadar kita hargai dia, kita hormati dia, karena itu adalah haknya, hak untuk melaksanakan bagaimana pengamalan dari pemahaman agama yang dimilikinya," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More